Jatinegara… !!!


Setelah beberapa hari berhibernasi dari update-an postingan maka kali ini kembali saya akan bercerita sedikit tentang tempat masa kecil saya di Jakarta atau lebih tepatnya bilangan Jakarta Timur. Tempat ini memang masih menjadi tempat persinggahan saya (minimal setahun sekali) karena disinilah juga ayah saya (alm) dikebumikan diatas tanah yang dulunya tempat saya dan kawan-kawan yang lain bermain bola. 😦

Jatinegara Timur atau lebih tepatnya daerah Pedati dulunya adalah tempat tinggal orang tua saya. Dikenal sebagai daerah pemukiman padat :mrgreen: dan warganya yang sebagian besar memang orang betawi sehingga logat yang biasa dipakai juga adalah logat betawi makanya saya gag aneh dengan bahasa ini. Kalau orang yang belum terbiasa mendengar komunitas orang betawi sedang berkomunikasi pasti akan menduga dan mengira bahwa orang-orang betawi ini kalo berdialog seperti orang ngajak berantem atau terkesan nyolot πŸ˜† . Intinya bahasa yang disampaikannya lebih cenderung meledak-ledak. Contohnya seperti dalam drama sinema Si Doel atau yang sekarang diputar disalah satu tv swasta, setiap jam 9.30 malam kalo gag salah yang judulnya β€œSi Biang Kerok” yang dimainkan aktor ganteng Ricky Harun, kalau bro n sis perhatikan logat yang keluar sepertinya memang nyolot yach (ngajakin berantem) :mrgreen:

Daerah Pedati dimana saya dan orangtua dulunya tinggal hingga kini masih menyisakan kenangan tentunya. TPU Kober Rawabunga salah satunya. Dulunya kuburan diareal ini belumlah banyak seperti nampak sekarang yang sudah hampir “mengabrasi” rumah-rumah dipinggirnya. Mungkin agak lucu kedengarannya kalo kuburan dijadikan salah satu tempat kenangan buat saya πŸ˜€ Tahu gag sobat…..dulu itu di TPU Rawabunga yang sekarang adalah tempat bermain bola. Jadi disini berdiri β€œstadion alami” yang pada masing-masing titik terdapat tiang gawang sebagai symbol dari permainan sepakbola itu sendiri. Selain itu juga tempat saya dan kawan-kawan yang lain bermain laying-layang dan tak ketinggalan juga kami biasa bermain di kuburan sambil memetik buah-buahan (entah namanya pohon apa itu yach..) yang ada persis diatas masing-masing pusara kuburan. Saya menyebut ditiap-tiap pusara karena memang pohon ini selalu ada dan menjadi ikon di kuburan itu. (bersambung yach….) πŸ˜‰

gambar dari sini

32 thoughts on “Jatinegara… !!!

  1. Tiap dengar kata Jatinegara aku selalu ingat sama Stasiun Kereta Api Jatinegara, hehehe πŸ™‚ Dulu waktu kecil kalau naik kereta pasti lewat stasiun ini nih soalnya πŸ˜›

  2. Nostalgia ya Bens, kebetulan saya belum pernah tinggal menetap di jakarta…tapi saudara saya ada lo yang tinggal di daerah Jatinegara, di kampung melayu situ… πŸ˜‰

JANGAN LUPA KOMENTARNYA YACH......!

