TTS… I love it !!!


Dahi saya mulai berkerut memikirkan jawaban mendatar no.50 pada TTS yang tersaji siang itu. Apalagi kotak yang tersedia lumayan banyak ada 7 dimana 2 kotak sudah diwakilkan dengan huruf O dan R dibelakangnya. Adapun pertanyaan dari no.50 mendatar itu adalah “Sebutan bagi peminum alkohol kronis”. Kalau saja saya mampu menjawabnya maka lengkaplah sudah kotak-kotak yang terisi dalam TTS tersebut. Oh ya…menyinggung pertanyaaan diatas saya berani jamin dech kalau orang yang peminum alkohol juga belum tentu tahu jawabannya.😀

Begitulah sekelumit suka duka saya dalam mengisi TTS hingga akhirnya mendasari saya untuk membeli Kamus Umum Bahasa Indonesia. Mungkin kedengarannya aneh buat sobat blogger tapi tidak bagi saya karena kamus ini benar-benar menjadi referensi saya selanjutnya dalam mencari jawaban TTS yang valid tentunya. Buat penggila TTS keberadaan kamus adalah sesuatu keharusan sepertinya. Sementara untuk kamus bahasa asing saya lebih suka memanfaatkan jasa google terjemahan. Dulu sebelum mengenal internet saya suka “lari” ke Gramedia Matraman sekedar untuk mencari jawaban dari bahasa Spanyolnya kelinci ataupun bahasa Jepangnya tumbuhan. Soalnya khan kalau disana lumayan lengkap kamus bahasa asingnya walaupun ceritanya saya suka ngumpet-ngumpet mencatat jawabannya.:mrgreen:

TTS yang paling saya gemari adalah yang ada di Kompas Minggu karena pertanyaannya benar-benar update dan juga cerdas-cerdas pertanyaannya. Mengajak otak kita untuk bekerja mencari tahu akan setiap jawabannya. Biasanya dalam setiap edisinya terdapat 70-80 pertanyaan baik mendatar maupun menurun. Dalam setiap minggu itu pembuat TTS selalu berlainan orang-orangnya (saya tahu dari kodenya yang berada dibawah kotaknya dimana dituliskan inisial dari pembuat TTS tersebut). Dalam hal ini saya sudah bisa mencirikan kode yang biasanya lebih mudah jawaban TTS nya dan begitu sebaliknya mana kode yang lebih sulit jawabannya.

Menurut yang pernah saya baca aktivitas seperti ini (mengisi TTS) cukup baik untuk mengasah memori kita mengingat sesuatu hal. Katanya bisa mengurangi kepikunan kita kalau sudah lanjut usia nanti. Tapi buat saya pribadi sich...pikun atau tidak pikun saya memang sangat menyukai aktivitas ini saban minggunya. oh ya…kegilaan saya ini sampai-sampai saya membuat kliping khusus buat TTS ini lho. Jadi kalau ada pertanyaan yang tidak mampu saya jawab sering saya membuka-buka kembali file TTS yang lama yang sering jawabannya ada disitu.😉

Gambar: http://www.beritaunik.net/

42 thoughts on “TTS… I love it !!!

  1. saya suka tts tetapi tak segila itu ben. kegilaan saya membaca, sampai-sampai secuil koranpun nikmat tuk dibaca

  2. Terimakasih sudah mampir di rumah sianakdesa😀 Salam kenal kembali bro.
    wah asyik nih ngisi TTS he.he. jadi teringat waktu saya SMU dulu suka banget ngisi TTS yang dijual di kios2 itu.😀 Wah mulai cari TTS lagi lah hehe

  3. Aku dulu sewaktu di Indo juga hobi main TTS yang ada di Kompas Minggu itu. Memang keren dan bagus topiknya🙂 Tapi berhubung nggak punya KBBI, nggak pernah selesai sampai penuh deh, huahaha😆

  4. POTATOR?? aaahhh emang aku baru denger disini deh bens.. hahaha..

    iya,, dulu aku juga suka neh ngisi TTS,, tapi sekarang gak lah.. cuma kalau ada ketemu dikoran masih suka seh.. sayangnya koran lokal di pontianak gak ada yang buat TTS hmmm

  5. Lucu:mrgreen:
    bang ben niat bener ya ngisi TTS-nya ampe lari ke Gramed cari kamus😆
    Btw, saya juga suka, tapi gak maniak amat. Paling inget, dulu SMA suka beli TTS di toko buku, harganya gope. Dan, suka diselingi gambar lucu😀

    • emang waktu itu sech belum kenal ama inet….boro2 dah….makanya kalo pas pulang sekolah suka diniatin main ke Gramed (sambil cuci mata lahh… :mrgreen:) trus “ngendap2” buka kamus cari jawabannya😀

      #nostalgila

JANGAN LUPA KOMENTARNYA YACH......!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s