Main Gundu yukk…!!!


Habis melihat postingan Elfarizi disini, aku jadi teringat dengan salah satu permainan favorit masa kecilku, yaitu bermain kelereng atau kalau aku bilangnya sich main gundu. Entah dari mana asal usul kata ini dan sejak kapan permainan ini ada, yang penting buat aku adalah bermain dan bermain dan tentunya mendapatkan kemenangan dari kawan-kawanku.

Ada beberapa model varian dari jenis permainan kelereng ini. Salah satunya adalah sebagai berikut:

Istilah STIK

Permainan kelereng ini dilakukan dengan sebelumnya membuat kotak segitiga, dimana nantinya dari ketiga titik sudutnya diletakkan kelereng-kelereng tersebut atau bisa juga diletakkan didalam kotak segitiga tersebut. Pemain boleh mengambil kelereng yang ada bila jaraknya (antara kotak segitiga dengan kelerengnya) melewati bentangan ruas jarinya.

Istilah Kepala Ikan

Dalam permainan kelereng ini kita sebelumnya menggambarkan bentuk kepala ikan hingga seluruh badannya. Nah, disini kelereng diletakkan dari ujung kepala ikan hingga ekornya. Ada keistimewaan dari varian ini, bila kita berhasil mendapatkan kelereng yang diletakkan di kepala ikannya maka otomatis semua kelereng yang ada didalam kotak kepala ikan itu menjadi milik dia. Oh ya…biasanya dalam permainan kepala ikan ini ada 10 atau lebih kelereng yang diletakkan oleh para pemainnya.

Ada istilah bagi orang yang jago main kelerengnya yang disebut dengan “gape” (selalu jitu mengenai sasaran). Istilah ini mungkin berbeda dengan ditempat lainnya. Kalau aku karena memang lahir dan besar di kota metropolitan Jakarta, sebutan “gape” adalah sesuatu yang familiar sekali pada waktu itu.

Ahh…kelereng itu cantik-cantik sekali warnanya nanti kalau sudah musim kelereng aku akan membeli dan menjual kembali di warungku. aku ingin kembali melihat anak-anak kecil yang masih polos bermain kelereng dengan gembiranya…..sambil melihat mereka bermain enak juga rasanya mendengarkan alunan lagu dari Baltimore -Tarzan Boy- ini. Yukk...kita dengarkan!


Gbr dari sini

56 thoughts on “Main Gundu yukk…!!!

  1. Kalu di Bali, Main Kelereng itu namanya main “Guli”.
    Permainan yang paling umumselain yang bentuk segitiga, adalah yang memasukkan Guli kelubang di tanah (mirip lubang golf versi yang lebih merakyat he he).

    • iya benar mb Ni…aku sekarang jadi ingat lagi ada varian lain dari permainan kelereng ini yaitu memasukkan kelubang๐Ÿ™‚
      cuma aku lupa namanya apa yg ini…
      thx ya !

  2. di kampung saya (KARO) disebutnya GULI bukan gundu bukan kelereng
    jadi bilangnya : main guli kita yoook …๐Ÿ˜€
    saya tidak pandai main guli, nyentilnya gak pinter. klo nyentilnya kayak nyentil telinga, jari sendiri yg sakit.
    saya perhatiin anak2 laki2 pada jago2 main gundunya. jadi, seringan guli itu saya pakai main … apa coba namanya yang guli ditaro di dalam kepalan, terus temennya juga begitu, ntar tebakan siapa yg benar, dia yg dapetin gulinya? nah lo! bingung sendiri deh hahaha …

    • iya benar mb…rata2 kalo cwok mmg jago nyentil (istilahnya “gape”)๐Ÿ˜€
      btw nama depannya msh sama ya…Gu-li…Gun-du…๐Ÿ™‚
      aku suka juga kalo lagi males nyentil trus main gundunya dibuat tebak2an di kepalan tangan…kalo yg pas nebaknya maka dialah pemenangnya.

  3. Maen kaleci memang seru meski cuma ngeliatin. Boro-boro gape, saya mah amatir. Haha..

    Dulu suka sama yg ngebling atau yg putih susu. Kalo yg besar, lupa namanya apa.

    • wajarlah kalo cwek gag gape…๐Ÿ˜€
      ya bener mmg dulu ada juga gundu yg putih susu…cuma klo yg ini hanya buat koleksi aja….
      kalo yg gede sya juga lupa namanya….๐Ÿ™‚.

  4. Hahahah, waktu SD saya gencar-gencarnya main kelereng pas kelas tiga… setelah itu saya makin jarang dan akhirnya kelas lima ke atas udah gak pernah lagi… Mainnya waktu itu seru banget๐Ÿ™‚

  5. wah permaianan favorit waktu aku SD jaman dulu selain main petak umpet, hehe

    kalau di kalangan sunda kami sebut main kaleci (kaleci = gundu/kelereng)๐Ÿ˜€

  6. kalau nggak salah bahasa jawa, karena di daerah saya nyebutnya juga neker , kalau mau main nyebutnya ayo nekeran (ayo main kelereng) , jadi ngat masa lalu nih

JANGAN LUPA KOMENTARNYA YACH......!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s