Postingan saya kali ini sedikit akan mengulas tentang sosok dibalik keberhasilan seorang pembalap mobil yaitu navigator. Tahu khan navigator yang saya maksudkan disini ? Itu lho...seseorang yang berada disamping pembalap yang mulutnya tidak pernah berhenti nyerocos memberitahukan sang driver (pembalap) dalam menginformasikan setiap jalan yang akan dilaluinya. “Depan belok kanan…trus lurus 2 km…”, “awas jurang setelah belokan ini…”, “tikungan tajam didepan kita…”, begitulah mungkin kira-kira apa yang diucapkan sang navigator. Sementara itu dengan kecepatan tinggi sang pembalap tetap fokus dengan jalan yang ada didepannya.
Membayangkan jadi seorang navigator saya jadi teringat sewaktu masih sering “pulang kampung” ke Indramayu (kampung alm. ayah saya), dimana kami sering melalui jalur Pantura. Biasa kami menggunakan bis yang mengambil start dari Pulogadung sebagai terminal homebase AKAP (Antar Kota Antar Propinsi). Bis-bis Jawa (saya biasa menjulukinya) memang terkenal memiliki supir-supir yang bernyali bak seorang pembalap F-1. Para supir ini seperti yakin bangets kalau nyawa mereka ada dua. Ngga takut mati dijalan, begitu mungkin kasarnya. Terlebih bila memasuki trek lurus (Pantura) anda harus siap-siap sport jantung karena bis yang kita tumpangi biasanya sangat rapat sekali dengan pantat bis yang ada didepannya. Jadi buat yang jantungan jangan dech coba-coba ngejajal duduk dibangku baris depan apalagi yang duduknya persis disamping supir….!
Balap-balapan antar supir jawa ini biasanya juga diiringi oleh lagu-lagu khas pantura…“dangdut tarling” dan tentunya juga disemangati oleh penumpang “setia”nya yang mungkin sudah tahu kalau bis yang dinaikinya dikomandoi oleh supir si X misalnya yang terkenal bak seorang pembalap kawakan. Lucu-nya tuh kalau bis yang kita tumpangi berhasil mengoverlap bis yang didepannya, para penumpang tanpa di komando langsung bersorak....horeeey….yeah….i got it…! Nampak kebahagiaan terpancar diwajah para penumpang dan tentunya juga sang supir itu sendiri….hehehehe…Uhuyyyyyy…!
Bayangan sebagai seorang navigator layaknya seperti cerita diatas. Dia sebagai navigator haruslah mempunyai nyali yang tinggi dan tentunya juga piawai dalam membaca peta lomba yang dijadikannya sebagai peta jalan buat sang pembalap. Dengan kecepatannya yang sangat tinggi seorang pembalap sangat tergantung juga oleh kepiawaian seorang navigator didalamnya. Salah sedikit saja sang navigator dalam membaca peta lomba bukan mustahil nyawa yang menjadi taruhannya. Jadi disini keberhasilan dari seorang pembalap tentunya tidak terlepas dari kepiawaian seorang navigator didalamnya. Bagaimana dengan sobat bloggers, apakah anda punya nyali untuk menjadi seorang navigator ? punya nyali untuk selalu enjoy dengan kecepatan yang cukup tinggi ?
Sambil sobat bloggers berandai-andai sebagai seorang navigator mari kita dengarkan sebuah alunan musik indah dari Kitaro – “Caravansary”
Ahahahahahag, jadi ingat pas dulu masih sering PP Jakarta-Magelang, busnya pasti lewat Pantura, dan kalau lewat sana pasti heboh semua, huahahag. Ada ibu-ibu yang teriak nyuruh sopirnya pelan-pelan, ada lagu dangdut dari jaman kapan, ada yang bawa ayam jago, dll. Nostalgia abisss
hahaha:D…seru abiss ya…yg suka buat ketawa yaitu…penumpang suka ngomporin supir biar jangan kalah sama supir yang lainnya:-D
aku selalu jadi navigator mas Ben, tp bukan navigator pembalap, kelasnya cuma sbg pendamping adikku yg slalu jd supir setiap kemanamana 😀
tapi tugasku untung ga seberat navigator pembalap, ngomongnya kalau pas ada tanda papan penunjuk arah aja, selebihnya cuma diem, abis kalau kebanyakan ngomong, supirnya malah ngomel, bikin kagok katanya 😀
ohh…navigator ‘amatir’ ya Tiesa:-D
gpp koch malah aman dan pastinya bisa sambil makan coklat khan…:-D
Kalo gak ngebut gak asikkk
punya nyali juga ya…:-D
bukan cuma yang lewat pantura, gan … tapi supir-supir yang arah “timur” alias majalengka, cirebon, dsk … bawaannya emang fly kalo bawa bis. Saya suka stress kalau naek bis Sami Djaja (Bandung-Tegal). Apalagi pas lewat Cadas Pangeran … Huiii, bener kata Kang Ben nih, mereka pikir punya nyawa 2 kali …
hahahaha:D…supir-supir ini feelingnya udah main bangets jadi buat mereka jalan itu sudah spt rokok buat mereka….enjoy….!
saya membayangkan kalo blogger sedang menulis seperti navigator pembalab. kira kira apa yang terjadi ben.
wahh…kalo yg kyk begini dihubungkan dengan blogger mungkin bisa spt ‘kuli tinta’ ya mb….jadi sehari bisa buat berapa postingan tuh:-D
aku pernah naik bis sumber kencono kalau nggak salah namanya, malam hari dari surabaya …. ampun …. kayak terbang saja, cepet memang, tapi ngerinya itu lho, heran kebanyakan penumpang malah pada tidur pulas
yg buat jengkel itu ya mb Ely….kita lagi sport jantung..eh malah banyak penumpang yg asyik tertidur pulas…
btw ‘spt terbang’…ahh mengingatkanku pada sesuatu hal mb….ya ‘terbang’ ‘melayang’:-)
memang kamu pernah terbang naik pesawat terbang layang ya Bens ?
belum pernah sich mb….hanya sekarang sya hampir tiap hari ngebayangin sedang “terbang melayang”…….melihat keindahan dunia ini…:D
Tuk bus pantura, Emang penumpangnya juga seneng kebut-kebutan mas ya, biar cepet nyampe. Kalo bus yang lambat, bisa bikin mereka bosen kelamaan duduknya…
bener sekali itu…lha wong yg sya naiki dulu itu spt malah dipanas-panasi ama penumpang-D
Hadir. 😀
Duduk di depan justru yg dicari, seru bisa lihat kiri kanan dan depan lebih leluasa. Tancap abiis. 😀
trims ya…dah mmpir ke gubukku:-)
kalo sya kapok duduk didepan….serasa mau copot nich jantung-D
mb Hijihawu nich bener2 bernyali tinggi…pantas jadi seorang bikers-D
saya buta arah gak bisa jadi navigator 😦
kalo pergi sama fatih pasti ada temen yang jadi navigator 🙂
fufufufufu~
pasti yg jadi navigatornya belahan jiwanya ya:-D
hah 😮
lagi-lagi bahas belahan jiwa (>///<)
Navigator masak aja deh bang, hahay 😀
itu juga sudah bermanfaat lho:D
Jadi navigator juga butuh kepercayaan yang sangat kepada si pembalapnya ya. Karena bagaimanapun juga nasib kan berada di tangan pembalap itu, yang memegang kendali kendaraannya, hehehe 😛
Ah, gila ya tuh kalau naik bus. Busnya ngebut-ngebutan penumpangnya malah nyorakin, makin ngebut dan ngawur deh busnya, hahaha
saling ketergantungan pastinya….:D
iya tuh malah dikomporin ama penumpangnya….hehehe
navigator itu orang dalam yg terlewatkan yak.. aahh klo aku gak mau aaahh :p
kenapa gag mau nich…hanya jadi orang kedua yak..
kalau dipesawat namanya co-pilot 😀
kalau di rumah namanya istri 🙂
kalau di blog namanya blogwalking 😆
salam navigator, eh happy blogging maksudnya 😉
bisa aja nich kawan…:D
happy blogging ya !
Berulang kali saya kecelakaan, saya tidak mood untuk balap lagi… 😀
wahh…anda masih punya nyali di jalan ya….kalo sya udah mikir dua kali mau ngebut…
2012/2/15,
Sekarang saya mikirnya bukan cuma dua kali Mas, berkali-kali, sebanyak jumlah kecelakaan saya… Hehehe…
ga cuma disana, bis antar kota di jawa timur juga kayak gitu. semuanya berani mati. kayaknya memang mereka kudu punya mental kayak gitu biar cepat sampai
semua supir di INA berbakat jadi pembalap
wkwk iya sepertinya 😆
harusnya itu disalurkan di jalur yang benar :p
wah..aku nggak banget deh jadi navigator!. Takut uuiyy. Pernah tuh naik bis Jakarta -Bali di kursi paling depan. Mulai dari posisi duduk tegap, hingga makn melorot dan melorot posisi duduknya saking ketakutannya he he ..
besok2 duduknya jangan didepan lagi ya mb Ni 😀
ya nggak lagi lah.. Kapok!
Kalau saya paling takut naik Bis jurusan Sumbawa-BIma Bang. Sopirnya Gila-gilaan, mana jalannya pas-pasan terus banyak tanjakan lagi. Bikin Spot Jantung aja. 🙂
kyknya dimana-mana sama ya…supir bis pada gila-gilaan bawanya 😆
wah saya ga punya bakat nyerocos 😛
bakatnya apa mb…nyanyi ya
jangankan bus jawa om, bus bus di Palembang pun bak pembalap semua.. udah ngebut banget, musik ajep-ajep pun berdentum dengan sangat keras.. apalagi kalo malam, lampu warna warni bener-bener bikin suasana kayak lagi dimanaaaaa gitu.. hahahahhaha 😀
wuiihhh…kyknya ngga kalah ama bis jawa ya Dhe 😀
Wah ngomongin supir bis aku jadi inget pas naik bis malem Jakarta Malang, milihnya selalu kursi dibelakang supir dan maunya naik bis yang terkenal ngebutnya, maksudnya biar cepet nyampe hehehehe… Sukurlah sekarang udah nggak harus naik bis lagi, makin lama makin banyak pilihan alat transportasi yang lebih cepat. 🙂
curang ya Chita….kalo naiknya dibelakang maunya supirnya ngebut 😀
iya, karna nggak sabar karna nggak nyampe-nyampe. Belum lagi kalo kena macet hehehehe… 😀
pinter juga strateginya kalo lagi naik bis 😀
kesuksesan seorang bintang tak lepas dari kerja keras tim di belakangnya.
intinya saling bersinergi ya 😀
Saya pernah jadi navigator / Co-Driver / 1st Mate, drivernya bini. Mobilnya bukan Citroen C4 WRC ato Evo X Grup.N, cuman Honda Stream jadul…
Rute : Jogja – Sukabumi (mudik)
Pacenote? GPS.
hasilnya? Molor 2 jam karena kebanyakan maen-maen & brenti 😆
lumayan ya sudah punya pengalama jadi navigator…kalo yg begini kyknya bisa sambil makan ya 😀
Makan di jalan? Bahaya ah…soalnya fokus jadi terpecah, baik karena ngunyah, nyeka remah-remah, ato merem-melek keenakan 😆
Navigator itu mesti sama-sama konsentrasi juga…Selain beri arahan, juga sebagai pengingat driver kalo melenceng….
Setahu saya sih itu….
ya benar kawan 😀
intinya mmg disini saling ketergantungan antara satu dengan lainnya 😀
makanya ad sekolah navigator… pernah nyoba jadi navigator sederhana, berbekal peta.. intinya, pejalari medan..
bener sob…jadi navigator itu mmg gag mudah 😀