Blunder Kiper-kiper Inggris


David Seaman

Inggris sebagai salah satu negara sepakbola dibelahan Eropa memiliki industri sepakbola yang terbilang cukup fantastis dan mampu membuat sepakbola itu menjadi sesuatu bisnis yang sangat menggiurkan. Jutaan pounds dari industri sepakbola disana lahir baik lewat bursa transfer, produk iklan, maupun juga dari hak sewa tayang dari program EPL-nya yang kesohor itu.

David James

Kedigdayaan industri sepakbola Inggris disini memang patut kita contoh tentunya. Namun dari sisi keberhasilan industri sepakbolanya ternyata Inggris juga terkenal sebagai negara yang miskin dalam melahirkan kiper-kiper yang hebat seperti negara Eropa yang lainnya. Yang ingin saya garis bawahi disini selain miskin dengan kiper-kiper yang hebat, Inggris juga (mungkin) penghasil kiper yang sering melakukan “blunder” yang tidak perlu yang berakibat fatal terhadap prestasi sepakbolanya itu sendiri.

Scott Carson

Robert Green

Paul Robinson

Menyinggung kiper-kiper yang hebat kita bisa melihat dari negara Italia, kita disini mengenal sosok Francesco Toldo ataupun juga Gianluigi Buffon. Jerman kita juga mengenal sosok kiper Harald Tony Schumacer, Oliver Kahn, ataupun Manuel Neuer. Uni Soviet (sekarang Rusia) kita juga mengenal sosok legendaris kiper Lev Yashin atau Renat Dessayev. Yang dari kesemuanya ini sangat jarang kita ketahui mereka melakukan blunder yang fatal seperti layaknya kiper-kiper dari Inggris.

Untuk lebih jelasnya disini akan diuraikan beberapa dari kiper Inggris yang sepertinya sangat setia dengan blunder dalam menjaga gawangnya:

  • David Seaman, kiper yang dianggap sebagai salah satu kiper terbaik dunia saat itu melakukan blunder pada Piala Dunia 2002 – dia tidak bisa mengantisipasi tendangan spekulasi Ronaldinho dari sisi kiri pertahanan sehingga bola langsung menjebol gawangnya tanpa disentuh oleh siapa pun. Akibatnya, Inggris tersingkir di perempat final karena kalah 1-2.
  • David James, pada kualifikasi Piala Dunia 2004 melakukan blunder – tak bisa menahan bola tendangan jarak jauh pemain Austria, Andreas Ivanschitz. Si kulit bundar bisa lolos melewati badannya sehingga skor pun menjadi imbang 2-2. Padahal, Inggris sudah memimpin 2-0.
  • Paul Robinson, ini menurut saya paling “konyol” – pada kualifikasi Piala Eropa 2008 saat melawan Kroasia. Bola backpass dari bek Gary Neville menyentuh sebuah lubang dan berubah arah sehingga lewat di antara kedua kakinya dan masuk ke gawang.
  • Scott Carson – membuat blunder yang memalukan di stadion kebanggaan orang Inggris, Wembley. Masih dalam ajang kualifikasi Piala Eropa 2008 dengan lawan yang sama, Carson tidak bisa mengantisipasi bola tembakan pelan dari Niko Kranjcar sehingga gawangnya kebobolan. Alhasil, Inggris pun kalah 2-3 dan tertutuplah harapan mereka untuk bermain di putaran final Piala Eropa 2008.
  • Robert Green, pada Piala Dunia 2010 melawan AS – Green tidak sempurna menahan tendangan Clint Dempsey dari luar kotak penalti sehingga si kulit bundar yang bergerak liar, melewati garis gawang.

Itulah beberapa blunder yang kerap dilakukan oleh kiper-kiper Inggris dalam setiap turnamen yang diikutinya. Mungkin sahabat bloggers ada yang mau menambahkan siapa lagi kiper yang pernah melakukan blunder fatal buat tim atau negaranya…?

Sumber : http://kompas.com/

50 thoughts on “Blunder Kiper-kiper Inggris

  1. David de Gea!!!! ya ampunnn sebagai fans MU aksi de Gea ini bikin gemes deh ihh
    kalau kata adik saya sih Mas Ben, mohon dimaklumi aja namanya kiper baru masih demam panggung, dooohhh >,<

    • ya..Tiesa bener…David de Gea ! mungkin karena penampilan pertamanya di MU kali ya, jadi keliatannya agak nervous gitu…jadinya agak kasihan aja ya klo lihat kiper melakukan kesalahan mendasar trus di shoot ama kamera trus2an..:D

  2. Ah, saya tahu nyaris semua kiper-kiper tersebut! Terutama yang Paul Robinson… soalnya waktu Inggris vs Kroasia itu saya nonton bareng temen-temen saya di rumah guru saya:mrgreen:

  3. Setiap kali ngeliat cuplikan gol bunuh diri, atau gol blunder begini, yang ada dipikiranku selalu penasaran dengan gimana perasaan atlet tersebut. Kesel setengah mati sampai akhirnya hilang semangat atau malah jadi pemacu semangat untuk balik mencetak gol…πŸ™‚

  4. Inggris memang hebat sepak bolanya. Walaupun kiper-kipernya banyak melakukan blunder, tetapi secara keseluruhan timnya tangguh. Gimana kalo kipernya gak melakukan blunder, pasti lebih jago lagi…

  5. kemarin liat bluder yang bikin ngakak di telepisi..
    kipernya bingung bolanya ada di mana. pas dia memutar badan buat cari posisi bola, bolanya malah ketendang masuk,. haha

JANGAN LUPA KOMENTARNYA YACH......!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s