Roti Goreng Nostalgia


Hari minggu kemarin BJ-ku membuat roti goreng yang menjadi salah satu kudapan favorit kami. Menjadi favorit kami karena roti goreng ini selalu mengingatkan kami sewaktu masih mengenakan seragam putih abu2. Ya…jaman SMA dulu makanan ini ada di kantin sekolah kami. Selepas pelajaran dan kemudian dilanjutkan dengan istirahat jam pertama biasanya kantin sekolah sudah penuh dengan siswa yang ingin pada jajan dan tentunya yang dicari salah satunya adalah roti goreng ini.

BJ-ku yang sekarang memang merupakan teman satu angkatan sewaktu di SMA dulu hanya waktu itu kami berbeda kelas. Aku sering memperhatikan BJ-ku pada saat dia berada di kantin dengan teman-temannya sambil melahap nikmat roti goreng dengan saosnya yang pedas. Buat BJ-ku rasa pedas adalah sesuatu yang biasa dilidahnya maklumlah karena dia berasal dari tanah Sumatra atau lebih tepatnya Sumatera Barat. Hubungan kami sendiri sebenarnya baru tercipta setelah masuk kelas III (akhir) dan dilanjutkan dengan LDR sewaktu aku kuliah di Bandung. Alhamdulillah…Rabb-ku sangat sayang hingga hubungan kami sampai ke pelaminan juga akhirnya.

Kembali lagi ke roti goreng (nostalgia) ini. Adapun bahan-bahannya sangat mudah dicari dan didapat, nggak perlu hunting keluar daerah apalagi sampai ke mancanegara. Berikut bahan-bahannya yang diperlukan:

  • Roti tawar 1 buah (Rp 8000), disini saya biasa memilih roti tawar yang bulat.
  • terigu 1/4 kg (Rp 15o0) yang biasa, kalo yang segitiga biru (Rp 2000)
  • Kentang (sorry ya…yang ini aku lupa nanya sama BJ-ku), tapi pada pokoknya kentang ini merupakan isi dari roti goreng tersebut. Bila sahabat mau improvisasi, misalnya mau diisi daging, makaroni, abon, terserah dah….sesuai selera aja, asal jangan diisi ama bom aja yach
  • garam (secukupnya)
  • saosCara pembuatannya:
  • 1 lapis roti tawar dibagi menjadi 4 bagian……(jadi kecil donk….iya, tapi kalo udah matang pas buat porsi dimulut kita lho…)
  • buat isian: iris kentang seperti potongan dadu kecil2…. tahu dadu khan?
  • terigu yang ada ditambahkan air ….(kira2 aja ya airnya)
  • masukkan irisan kentang kedalam adonan terigu, jangan lupa tambahkan garam, lalu aduk2 hingga merata adonannya dan bumbunya meresap
  • ambil 2 irisan roti kemudian beri isiannya.
  • siap digoreng
  • sajikan dalam keadaan hangat dengan ditambahi saos sambal
  • Selamat menikmati roti goreng nostalgia ala Bensdoing

Kalau saya juga boleh tahu makanan apa yang menjadi makanan nostalgia sahabat blogger semuanya?

Iklan

96 thoughts on “Roti Goreng Nostalgia

  1. Wah menarik niy roti gorengnya, baru tau ada yang versi ini. 🙂
    Kalau makanan nostalgia ada dua, kalau kangen dengan keluarga di Indo biasanya suka bikin creme caramel, dan kalau lagi kangen dengan teman-teman internasional saat kuliah, saya biasanya suka bikin Indian Curry 🙂

  2. Wah …. Keliatannya enak nih, lengkap banget dengan resep-resepnya pula. Boleh dicoba nih Bang. 🙂
    btw, saya juga suka dengan yang pedas bang, mungkin karena sesuai dengan daerah tempat tinggal saya, Lombok. 😆

  3. Makanan nostalgia saya batagor. Ceritanya waktu makan dg cicayank yg skarang jadi suami, di kedai tsb ada tembok yg jadi tempat curhat pengunjung di sana.
    Nahh, saya nulis begini :
    “Prasasti cinta kita di Batagor Udih”
    Haha, ngakak dilarang Bens,.. 😀
    Ehhh, seminggu kemudian datang lagi ada yg komen. (kan tulisan saya dilingkari, xixi)
    Apa coba jawabnya?
    “Huh, sok puitis loe!”

  4. Makanan nostalgia saya itu pisang goreng. Dulu pas saya masih SD, pisang goreng merupakan jajanan favorit saya di kantin karena murah dan enak sekali 🙂 Sampai sekarang, kalau makan pisang goreng selalu teringat masa-masa SD dulu. Benar-benar menyenangkan :mrgreen:

  5. postingan ini bikin perut saya makin laperrrr
    enak yah mas sepertinya,apalagi kalo makannya pas msh panas,pake sambel, sedaappp
    makanan nostalgia yg lagi saya kangenin sekarang itu “rambut nenek sihir” saya nyebutnya,itu gulagula berserabut yang warnanya biasanya pink

    • kemarin pagi kerumah ya…? sya udah berangkat sepedaan dari jam 5.30…
      sya kaget lho…soalnya kerumahnya pake sepeda:D
      sudah tahu kan sekarang rumahnya bensdoing….hahaha:D
      main aja sob kerumah bawa sekalian keluarga…tapi maklum ya, rumahnya sempit:D
      nnti sya kasih no hp sya lewat email ya…!

  6. kalau di rumah ada roti (jarang itu pun), pasti dikukus rotinya pake gula atau meises hehe 😀

    Kayaknya yummy, bisa dicoba lah kalau ada roti yang tiba-tiba “mendarat” di rumahku 😀

  7. bentuknya sekilas kayak tahu isi ya Bens, setelah digoreng

    wah .. kalau makanan nostalgia sih banyak tahu isi atau bakwan sayur biasanya, dimakan sama cabe rawit lebih terasa pedesnya

  8. kentangny pake yang mentah ya mas ben?. kalo kentangny mentah apa bs mateng selama proses penggorengan?. kan kalo rotiny ga perlu d goreng lama2.
    #pengen nyobain buat soal ny 🙂
    Kalo makanan nostalgia sy dgn alm Ayah, pisang ijo. sluruppp yummyyy…

  9. Makanan nostalgia saya waktu SMA itu namanya bakwan kalo di Malang.
    Kalo di Bandung sih namanya bala-bala.
    Terigu yang dicampur aneka sayur dan digoreng itu Bens.
    Uniknya, kalo di Malang makanan itu dimakan sama sambel petis yang pedes banget.
    Itu dia yang bikin sesnsainya beda…belum pernah saya temui dimanapun selain di SMAN 3 Malang…uenak tenan!
    😀

JANGAN LUPA KOMENTARNYA YACH......!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s