O.g


Sebuah lagu dari Five Minutes yang berjudul “Salam Terakhir” memang begitu indah didengar ditelinga kita. Lagu yang dinyanyikan oleh sekelompok anak muda dari Bandung ini begitu populer dan sempat menjadi hits di radio-radio sekitar tahun 1997 . Lantas apa ya hubungannya dengan judul postingan saya diatas (O.g)?

“Salam Terakhir” dari lagu diatas tentunya mengandung makna adanya perpisahan, ya sebuah perpisahan yang biasanya teramat mengharukan dan sekaligus menyedihkan. “Mengharukan” dan “menyedihkan” dua kata yang saling berkaitan erat ini berhubungan juga dengan istilah O.g yang penulis maksud.

O.g adalah istilah dalam cabang sepakbola yang berarti “bunuh diri” (O.g = own goal), suatu peristiwa dimana seorang pemain melakukan tindakan yang menyebabkan sebuah gol terjadi digawangnya sendiri. Tentunya menyedihkan sekali bukan ! Apalagi kalau gara-gara O.g nya itu menyebabkan timnya menderita kekalahan, Rasa-rasanya nggak terbayang dech bagaimana rasa bersalahnya sipemain akibat tindakan “bodohnya” tersebut.

Dampak O.g yang lumayan berat tentunya bila O.g nya tersebut menyebabkan timnya menderita kekalahan, Jangankan sipemain para suporterpun tentunya akan sangat kecewa sekali. Mungkin kita masih ingat akan peristiwa “O.g kelabu” (ini istilah penulis) dimana pada Piala Dunia 1994 seorang pemain bek asal negeri Kolombia Andreas Escobar ditembak mati gara-gara tim kesebelasannya kalah dari tuan rumah AS akibat gol bunuh dirinya. Sangat sangat tragis tentunya

O.g yang dilakukan alm Andreas Escobar menurut saya dilakukan secara “jantan” karena memang dia benar-benar tidak “berniat” untuk menjebol gawangnya sendiri. Ada O.g yang menurut saya sangat konyol sekali, masih ingat nggak dengan pemain timnas kita Mursyid Effendy? Ini pemain menciptakan “lovely goal” ke gawangnya sendiri ! Peristiwa aib dari sepakbola kita yang disebut dengan “sepakbola gajah”. Peristiwa memalukan ini terjadi diajang Piala Tiger 1998. Pada waktu itu baik Indonesia maupun Thailand sama-sama menghindari tuan rumah Vietnam di partai semifinal. Jadi ceritanya dalam pertandingan ini tidak ada yang mau memenangkan pertandingan . Alhasil keduanya baik Indonesia maupun Thailand didenda dan untuk Mursyid Effendy mendapat skorsing berat.

O.g memang kerap dilakukan oleh para pemain belakang, sesuatu yang wajar sekali mengingat pemain belakanglah yang mempunyai posisi terdekat dengan tiang gawang. Nah berkaitan juga dengan pemain belakang ada beberapa pemain di liga Inggris yang acap melakukan blunder ini sebut saja misalnya: West Brown (sewaktu masih di MU), Jamie Carragher (liverpool) ataupun Frank Sinclair (mantan pemain Chelsea).

O.g memang bagai drama kehidupan itu sendiri. Ada kesedihan dan ada juga kegembiraan. “Salam Terakhir” buat O.g tentunya lebih pas diucapkan buat para pemain belakang karena pemain inilah yang sering dijadikan kambing hitam dari sebuah kekalahan sebuah tim !

Gambar disini

54 thoughts on “O.g

  1. aneh juga ya kalau baik Thailand maupun Indonesia tidak mau memenangkan pertandingan krn menghindari Vietnam di semifinal ? lha niatnya bermain sepakbola khan untuk memenangkan setiap pertandingan ?

    • waktu itu Vietnam adlh tuan rumahnya dan dari segi permainannya juga sedang bagus2nya jadi baik Thailand dan Indonesia berusaha menghindar utk berjumpa dgn Vietnam di Semifinal…πŸ˜€
      momen yang memalukan ini sya nonton lho mb…..maluuu rasanya…πŸ˜€

      • oh gitu ceritanya ya …. jadi takut sama Vietnam gimana kalau ketemu Klose dkk ya ?πŸ˜€ (canda)

        rasanya kalau mau jadi juara ya sdh siap bertemu tim manapun ya, blom tentu tim yg bagus saat itu spt vietnam pas main juga bagus, jadi Indonesia dan Thailand sdh mengkeret dulu ya sblm perangπŸ˜€

        nggak kebayang juga kalau aku saat itu nontonπŸ˜€

        • klo ketemu Klose cs…pasti mainnya ngga jadi mb..soalnya pd minta foto bareng πŸ˜€
          sya maluu nontonnya wktu itu…apalagi pas terjadinya “lovely goal” dri Mursyid Effendy….T E R L A L U…..πŸ˜€

          • hahahhahaha …. nggak pernah mikir kalo mereka malah minta foto barengπŸ˜€ aduh .. ngakak tenan aku

            wah .. aku yg ngebayangin saja gmn gituπŸ˜€
            tapi mungkin ini dipengaruhi faktor mental juga ya Bens, sama spt penonton bolanya juga, budaya setempat mempengaruhi bagaimana mereka bertindak …. kalau aku lihat tim dan penonton di turki misalnya sdh terlihat bedanya sama tim & penonton di jerman, Belanda …. dlm fair atau nggaknya jadi msh terlihat ndeso bgt dan norak walau byk sekali org turki tinggal di jerman tapi kalau kumpul sesama turki pasti keliatan noraknya , walau nggak semua sih, tapi rata rata bgt

  2. Ya ampun, ditembak mati gara-gara gol bunuh diri yang pasti dilakukan tanpa sengaja?
    Tragis banget, Bens!
    Kadang manusia itu aneh ya, sekali saja kita melakukan kesalahan, harga yang harus dibayar teramat mahal. tapi kalau kita baru melakukan satu kebaikan, orang tidak akan menilai dengan begitu mudah, seakan-akan hal itu adalah hal wajar yang memang harus kita lakukan…

    • waktu itu kejadian Escobar menjadi berita besar olahraga lho mb…
      Kolombia mmg identik dgn negara kriminal apalagi disana ada kartel obat bius yang cukup besar jaringannya πŸ˜€

    • sengaja pada kata “lovely goal” sya kasih tanda kutip…mksd sya justru berlawanan dgn arti sesungguhnya dari lovely goal itu sendiri mb…:-)
      smoga kejadian memalukan ini tidak terulang kembali πŸ™‚

  3. Eits, Jamie Carragher gak sesering itu juga kaleee dalam membuat gol bunuh diri.😦

    Sebagai Liverpudlian, saya tetap memuja Carra sebagai salah satu bek terbaik yang dimiliki Liverpool.πŸ™‚

    • lupa nech ada orang Liverpudian disini….:-D
      sayang link ttg Jamie udah sya delete kemarin2 ttg rekor o.g nya yg masuk daftar sbg pemain belakang yg “doyan” bikin gol di gawangnya sendiri:mrgreen:
      at least…Jamie mmg salah satu pemain belakang terbaik πŸ™‚

JANGAN LUPA KOMENTARNYA YACH......!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s