Juara Tunggal Putra di Cab Bulutangkis Olimpiade


Cabang bulutangkis sebelum Olimpiade Barcelona 1992 hanyalah sebuah cabang olahraga eksibisi, karena cabang olahraga ini dianggap hanya “dimiliki” dan dikuasai oleh negara-negara seperti Indonesia, China ataupun Malaysia saja. Namun setelah waktu berjalan dan progress dari bulutangkis itu sendiri begitu pesat akhirnya cabang bulutangkis diterima masuk sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade. Salah satu contoh dari progress bulutangkis semakin mendunia adalah dengan banyaknya pelatih-pelatih mumpuni dari negeri yang notabene mempunyai tradisi juara, seperti China dan Indonesia yang melanglangbuana ke mancanegara dan tidak dipungkiri juga banyaknya naturalisasi pemain (jadi tidak hanya di sepakbola saja lho) yang diambil oleh negara-negara Eropa seperti Inggris, Swedia ataupun lainnya.

Bulutangkis boleh mendunia sekarang tapi tradisi juara masih belum mau beranjak jauh dari negara-negara yang saya sebutkan diatas. Pada nomor tunggal putra dalam sejarah Olimpiade (semenjak Barcelona 1992) baru satu pemain Eropa yang mampu mencicipi gelar juaranya selebihnya dikuasai oleh China dan Indonesia.

Baiklah dibawah ini adalah daftar juara tunggal putra bulutangkis Olimpiade:

Olimpiade Barcelona (1992) Alan Budikusuma (INA)

Olimpiade Atlanta (1996) Poul Erik Hoyer larsen (DEN)

Olimpiade Sydney (2000) Ji Xinpeng (CHN)

Olimpiade Athena (2004) Taufik Hidayat (INA)

Olimpiade Beijing (2008) Lin Dan (CHN)

Sumber : en.wikipedia.org/

47 thoughts on “Juara Tunggal Putra di Cab Bulutangkis Olimpiade

  1. maklum ya kalau juaranya didominasi negara2 spt yg kamu sebutkan di atas…. soalnya bulutangkis nggak memasyarakat sama sekali di sini, kayaknya aku blom pernah lihat baik di TV apalagi langsung …. rakyat sini lebih mengenal bola.

  2. Saya mengharapkan SImon Santoso bisa ikut Olimpiade 2012 dan menjadi juara. Meski harus berjuang keras melawan kandidat unggulan, Chong Wei dan Lin Dan….

    Kalau Taufik, tampaknya sudah sulit ya. Mungkin dia merasa lelah dan jenuh dgn bulu tangkis, olahraga yg telah membesarkan namanya….

  3. Bulutangkis adalah cabang olahraga andalan kita banyak pemain senoir yang sudah mendunia dan mungkin ada bakat bakat baru dari junior semoga bisa dan mampu merebut emas pada olimpiade berikutnya

  4. bulu tangkis hokinya cuma di asia kali, bulu tangkis dimedia eropa apalagi barat gak sepopuler cab. sport lain, jd mungkin tidak terlalu di maksimalkan.. semoga juara olimpiade bulu tangkis bisa beragam, biar gak bosen. coba dah yg juara dr negara zinbabwe, mongolia luar, pantai gading ,kongo, rame kan..

  5. Prestasi pemain bulutangkis Indonesia selalu mengalami pasang surut. Saat ini kekuatan bulutangkis dunia masih Cina yang mendominasi di setiap sektor sehingga kekuatan beregunya sangat solid.

JANGAN LUPA KOMENTARNYA YACH......!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s