Tirana – Kami Datang !


Baru saja saya blogging kesini ada informasi yang sangat menarik buat saya dan juga pemerhati catur diseluruh dunia. Informasi yang menarik itu adalah akan berlangsungnya Kejuaraan Dunia Catur Wanita pada tanggal 13-30 November 2011 mendatang yang mana pada perhelatan kali ini kota Tirana-Albania akan menjadi host dari dwitarung pecatur top wanita, Hou Yifan asal China yang merupakan juara bertahan akan ditantang oleh Humpy Koneru asal India sebagai pemenang seri Fide Grand-Prix tahun sebelumnya (2010). Pemenang dari perhelatan catur akbar ini akan menyandang gelar sebagai Juara Dunia Catur Wanita periode 2011-2012.

Seperti kita ketahui bersama pada seri ke-3 Fide Grand-Prix Nalchik 2011 yang lalu, Hou Yifan absen dalam turnamen ini, padahal dalam 2 seri awal dia mampu menjadi yang nomor satu. Absennya Hou Yifan ini memang disengaja untuk mempersiapkan pertarungannya yang lebih prestisius lagi, yaitu mempertahankan mahkota Juara Dunia Catur Wanita. lawan yang sekaligus menjadi penantangnya adalah pecatur wanita asal India, Humpy Koneru.

Negeri China memang sekarang lahir sebagai kekuatan baru didunia catur (wanita) selain dari negeri Eropa timur lainnya. Kita mengingat pada turnamen catur wanita seri ke-3Β  Fide Grand-Prix Nalchik 2011 yang baru saja usai, GM Zhao Xue keluar sebagai kampiunnya dengan meraih poin yang hampir sempurna tanpa sekalipun menderita kekalahan. Padahal di turnamen tersebut hadir 3 mantan Juara Dunia Catur Wanita dan seorang pecatur yang menyandang titel Juara Eropa.

Pada Kejuaraan Dunia Catur Wanita kali ini disponsori oleh Taci Oil yang memperebutkan total prize money sebesar 200.000 Euro. Kalau dikonversi ke matauang kita (rupiah) cukup menggiurkan juga ya.

Sahabat blogger mungkin bertanya-tanya, “mengapa saya lebih suka membuat postingan tentang dunia catur wanita?” Buat saya jawabannya sederhana saja, kalau pria suka dan bisa bermain catur adalah sudah biasa tapi kalau wanita suka dan brilian lagi bermainnya, itu adalah keunikannya tersendiri. Oh ya, buat sahabat blogger yang ingin menyaksikan ‘live streaming’ dari Kejuaraan Dunia Catur Wanita ini dapat dilihat disini.

sumber: http://www.fide.com/

36 thoughts on “Tirana – Kami Datang !

JANGAN LUPA KOMENTARNYA YACH......!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s