Billiar dan Dunia Malam


Olahraga ini biasanya identik dengan dunia malam beserta dunia hiburannya. Memang tidak salah karena keberadaan dari olahraga ini banyak terdapat di pub-pub, cafe ataupun pusat-pusat hiburan lainnya. Kesemuanya dari tempat olahraga biliar ini biasanya berfungsi pada waktu malam hari dimana biasanya kaum adam (kebanyakan) menghabiskan sisa waktu malamnya di meja persegi empat dengan enam lubangnya πŸ™‚Β  Kepulan asap rokok dan tak jarang pula minuman berbau alkohol selalu menghiasi permainan olahraga ini, serta tak ketinggalanΒ  juga seorang wanita (kalau di golfΒ  istilahnya caddy) sebagai asisten pembantu -biasanya dalam hal pencatatan- ini semua semakin mencitrakan bahwa olahraga billiar adalah “olahraga mesum”Β πŸ˜† Tapi tunggu dulu sob, janganlah kita langsung mengiyakan kalau olahraga billiar adalah identik dengan “olahraga mesum”. Kata “mesum” disini bolehlah kalau ukurannya mungkin karena tempatnya (pub/cafe) ataupun waktu mainnya (tengah malam) dimana dunia malam itu sendiri adalah dunia yang penuh dengan misteri πŸ™„

Didalam Sea Games mendatang Olahraga Billiar adalah salah satu cabang olahraga yang akan dipertandingkan. Seperti kita ketahui bersama olahraga billiar adalah sebuah cabang olahraga yang masuk dalam kategori cabang olahraga konsentrasi sehingga sangat dibutuhkan ketahanan dan pemahaman mental yang benar serta harus ditunjang oleh kemampuan fisik yang prima agar mampu berprestasi lebih tinggi dan stabil.

Cabang olahraga ini dimainkan di atas meja dan dengan peralatan bantu khusus serta peraturan tersendiri. Permainan ini terbagi dari beberapa Jenis, antara lain jenis Carom, English Billiard dan Pool. Dapat dimainkan secara perorangan maupun tim.

Sebagai contoh, jenis Carom dimainkan di meja yang tidak memiliki lubang sama sekali. Ini berbeda dengan jenis English Billiard dan Pool yang dimainkan di meja yang memiliki lubang sebanyak 6 buah. Meski sama-sama memilki 6 buah lubang, ukuran atau luas meja antara English Billiar dan Pool pun berbeda, lebih luas meja jenis English Billiard.

Di Indonesia sendiri jenis Pool adalah yang paling berkembang dimana didalam Pool itu sendiri masih terbagi lagi dalam beberapa nomor, yaitu bola 8, 9 dan 15.

Biliar, jenis Pool telah berkembang menjadi salah satu cabang olahraga yang mampu ikut mengharumkan nama bangsaΒ Indonesia.Β  Contohnya, pada World Pool Championship (kejuaraan dunia biliar jenis pool untuk nomor bola 9) tahun 2006Β  kemarin, pemain seperti Ricky Yang, M. Zulfikri berhasil masuk ke jajaran 32 besar pemain dunia. Roy Apancho berhasil masuk ke jajaran pemain 64 besar dunia. Apsi Chaniago berhasil masuk ke jajaran pemain 128 besar dunia.

Sumber : http://id.wikipedia.org/

42 thoughts on “Billiar dan Dunia Malam

  1. dan biasanya, kalo ditempatku.
    cewek2 yang nemenin orang maen bilyard itu cantik2. >.<
    pake pakean seksi pula.
    wuih menggoda iman.

  2. Hehehe saya jadi inget dulu jaman saya SD saya sukaaaa sekali main game biliar di konsol PSX. πŸ˜€ Judulnya kalo gak salah “Backstreet Billiards”. Bagus banget tuh, saya suka sontreknya. πŸ™‚

    Dan memang, sampe saat ini saya tetap mengira bilyar adalah olahraga yang identik dengan dunia malam. πŸ˜€ Coba, teman2 saya semua, maen bilyar malam2, gak ada yg siang2 maen bilyar. πŸ˜†

  3. Hmm… Jadi inget jaman kuliah dulu sering maen bilyar. Tapi kami ngga pernah maen pake duit, Gan.:) Minuman kami juga cuman kopi tubruk. Plus rokok yang ngga ada brentinya ngepul. Wkwkwkwkw.
    Btw… ini rumahnya koq ganti cat lagi, sih??
    Kalo ganti-ganti terus, saya bisa kesasar nih kayak Ayu Ting-Ting. πŸ˜›

  4. Pernah belajar biliar saat muda dulu, dan itu sangat menguras tenaga dan kantong dalam mempelajarinya. Sampai uang hasil ngamen bersama teman2 ludes hanya dalam hitungan jam πŸ˜†

    Tapi sekarang saya masih suka main billiar ini tapi yang gratis, bukan di rumah billiar namun hanya di games.

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  5. Saya sering main bilyar, pertama sih karena diajak temen.. tapi jadi kesukaan.. walaupu sekarang jarang karena gak ada temannya.. memang konotasi permainanan bilyar agak jelek.. pasti disangkutpautkan dengan hiburan malam dan narkoba..

JANGAN LUPA KOMENTARNYA YACH......!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s