Fantastis Zhao


Entah kalimat apa yang pantas diberikan kepada GM Zhao Xue dalam prestasinya yang fenomenal menjuarai seri ketiga turnamen catur wanita FIDE Grand=Prix Nalchik 2011. Walaupun masih menyisakan 2 partai  lagi namun posisinya sudah tidak bisa digoyahkan lagi oleh para pecatur lainnya.

Dalam putaran kesembilan yang baru berakhir dinihari tadi sebenarnya peluang untuk menghentikan laju sementara Zhao ada pada GM Antoaneta, namun apalah daya buat Antoaneta, dia harus mengakui keperkasaan Zhao. Walaupun Elo Rating Zhao lebih rendah dan bermain dengan buah hitam, namun dengan keakuratan berfikirnya serta daya analisis bermainnya yang tajam akhirnya menyudahi GM Antoaneta pada langkah ke-37.

Keberhasilan dari pecatur wanita asal China ini semakin mengukuhkan negri China sebagai raksasa baru dari olahraga catur. Ini mengingat sebelumnya juga dalam dua seri awal Turnamen FIDE Grand-Prix, pecatur China lainnya (yang juga merupakan seorang Juara Dunia Catur saat ini -Hou Yifan- ) berhasil juga menjadi juaranya.

Prestasi yang baru saja direngkuh oleh GM Zhao Xue boleh dibilang sungguh fenomenal ! Bagaimana tidak ! Berada diposisi kedelapan dari 12 peserta catur lainnya (dalam hal Elo Rating), terus dijepit oleh 3 mantan Juara Dunia Catur (GM Antoaneta Stefanova, GM Alexandra Kosteniuk, serta GM Zhu Chen), kemudian juga sang Juara Eropa Viktorija Cmilyte, dan terakhir pecatur wanita Rusia teratas saat ini Nadezhda dan Tatiana Kosintseva, kesemuanya berhasil diatasinya dengan mulus (khusus GM Tatiana baru akan dihadapinya besok).

Menarik memang dengan olahragawati yang satu ini (baca: GM Zhao Xue), disetiap konfrensi pers sehabis pertandingannya dia selalu berujar “Saya sangat beruntung”. Sebuah kalimat yang sangat santun dan selalu menghargai setiap jerih payah dari lawan-lawannya. Walaupun memang kesannya agak pemalu tapi buat lawan-lawannya GM Zhao telah membuat mata mereka terbuka bahwa calon pemimpin dunia catur telah lahir lagi dari negeri Tirai Bambu.

ok sahabat blogger :-)   sampai bertemu lagi disini ya😆

sumber :

http://www.fide.com

Gambar: http://jalbum.net/

16 thoughts on “Fantastis Zhao

  1. Hebat dan fantastis, China selalu saja menguasai berbagai cabang olah raga dan berhasil menjadi jawaranya. Kapan Indonesia seperti itu, hebat pun baru pada satu atau dua saja. Hebatnya cuma sebentar lagi.

JANGAN LUPA KOMENTARNYA YACH......!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s