Indonesia dan Sea Games 2011


http://www.seag2011.com/

Sea Games (Pesta Olahraga Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) tidak lama lagi akan berlangsung, dimana kali ini pada gelaran yang ke-26, Indonesia dipercaya menjadi host atau tuan rumahnya. Kota Palembang sebagai Ibukota Propinsi Sumatra Selatan menjadi tempat awal dari pembukaan Sea Games tersebut pada tanggal 11-25 November mendatang. 

Indonesia seperti kita ketahui bersama pada era tahun 1977 – 1997 begitu jaya dan mendominasi setiap cabang olahraga sehingga ddalam beberapa kali pelaksanaan Sea Games berlangsung Indonesia berhasil menjadi juara umum dengan perolehan medali emasnya yang cukup banyak. Kompetitor kita saat itu paling-paling hanyalah negri gajah putih Thailand.

Pada masa jayanya itu cabang-cabang olahraga terukur seperti, Atletik, Balap Sepeda, Menembak, Renang, serta yang lainnya, Indonesia berhasil mendulang emas cukup banyak . Apalagi dengan olahraga yang tidak terukur (yang terkadang penilaiannya sangat subyektif  – sering menguntungkan tuan rumah) seperti, pencak silat, taekwondo, wushu atau yang lainnya sering juga dijadikan sebagai lumbung emas perolehan medali.

Disetiap pelaksanaan Sea Games tuan rumah memang diberikan hak untuk memasukkan cabang olahraga tertentu, yang nota bene cabang olahraga ini tidaklah begitu populer (populer hanyalah di negara tuan rumah saja). Tentunya ini dimaksudkan tidak lain tidak bukan, yaitu untuk menyapu bersih medali emas didalamnya  yang nantinya tentu berujung pada naiknya posisi negara tersebut pada peringkat perolehan medali secara keseluruhan. Sangat subyektif memang. Hal ini (baca: memasukkan cabang olahraga tidak populer) celakanya tidak hanya dilakukan oleh negara-negara “miskin prestasi” saja, namun negara-negara “kaya prestasi” semacam Indonesia, Thailand, dan juga Malaysia terkena syndrome seperti ini. Sangat disayangkan memang! Kalau ingin perkembangan olahraga di Asia Tenggara ingin maju, mengapa cabang-cabang olahraga di Olimpiade tidak dijadikan saja sebagai standar baku didalam setiap even Sea Games.

Kembali ke Indonesia, prestasi kitapun dalam beberapa kali pelaksanaan Sea Games semakin terpuruk. Boro-boro menjadi juara umum, bersaing dengan negara-negara, seperti Thailand, Malaysia, Singapura, serta Vietnam saja kita sudah ngos-ngosan. Sekedar diketahui oleh kita bahwa terakhir Indonesia menjadi juara umum Sea Games yaitu pada tahun 1997 yang berlangsung di Jakarta.

Pola pembinaan atlet-atlet kita mungkin sudah tertinggal jauh dari negara-negara tetangga kita. Mereka mungkin sudah menyadari bahwa  filosofi olahraga adalah sebuah peradaban. Semakin maju dan kuat olahraganya berarti semakin tinggi nilai peradaban negara tersebut. Akhir dari filosofi ini tentunya akan berujung pada kewibawaan negara tersebut dimata dunia internasional.

Pemerintah kita janganlah mengulang tradisi masa lalu yang hanya memberikan penghargaan berupa medali/piagam pada atlet yang berprestasi. Cobalah berikan pada mereka jaminan hidup berupa pekerjaan dan rumah yang layak huni karena biar bagaimanapun atlet-atlet adalah pejuang bangsa yang ingin negaranya menjadi berwibawa diantara negara-negara lainnya. Lihatlah bagaimana air mata mereka menetes pada saat lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang.

Menutup postingan saya kali ini, marilah kita dukung atlet-atlet Indonesia yang akan berlaga nanti di Sea Games. Semoga prestasi mereka membuat bumi pertiwi Indonesia tersenyum bangga. Bravo Indonesia….!!!

Diolah dari berbagai sumber

47 thoughts on “Indonesia dan Sea Games 2011

  1. yang bikin kaget sekaligus sedih ketika baca berita di kompas. makin dekat seagames, makin cemas kita, karena kesiapan kita yang sangat kurang. contohnya, toilet aja dibuat toilet jongkok, tidak bertaraf internasional. Ini bakal mempermalukan Indonesia dan sekaligus mungkin mendapat complaint.

  2. Duhaiii, saya kangen masa-masa Susi Susanti dan Alan Budi Kusuma jadi juara. Waktu itu, tidak hanya bulu tangkis, cabang olahraga lain pun berlomba berebut medali. Tapi sekarang? Saya yang nonton aja gigit jari.

  3. mungkin beberapa pertandingan bakal di gelar dkt rumah ane tuh gan… soalnya ane liat ada persiapan buat sea games gitu, trus semua bendera peserta sea games di kibarkan… bisa nonton neh… Hidup Indonesia..

    salam olahraga😀

  4. Tahun 2011 merupakan suatu event yang tepat untuk dijadikan tahun kebangkitan bangsa ini. Dikarenakan di tahun 2011 ini tepat tanggal 11 akan dimulainya penyelengaraan SEA Games, dan yang lebih penting pengumuman 7 keajaiban dunia, mudah-mudahan Kepulauan komodo menjadi salah satu 7 keajaiban dunia.

    Mari kita dukung ya Sob dengan cara ketik Komodo kirim ke 9818. Dukungan kita merupakan masa depan untuk kelestarian habitat pulau Komodo yang merupakan aset bangsa kita agar dijadikan salah satu cagar dunia Internasional.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

    • trims sob….
      btw ane kira pemerintah kita udah menarik diri dari pencalonan p. komodo sbg salah satu 7 keajaiban dunia…..krn mengingat kurang transparannya panitia disana dalam penentuan suara yang masuk….!

  5. suka dan sependapat sama paragrap ini mas bro,

    Pemerintah kita janganlah mengulang tradisi masa lalu yang hanya memberikan penghargaan berupa medali/piagam pada atlet yang berprestasi. Cobalah berikan pada mereka jaminan hidup berupa pekerjaan dan rumah yang layak huni karena biar bagaimanapun atlet-atlet adalah pejuang bangsa yang ingin negaranya menjadi berwibawa diantara negara-negara lainnya. Lihatlah bagaimana air mata mereka menetes pada saat lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang.

    mantab !!

    • ada keharuan tersendiri disaat pengalungan medali truz dilanjut dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang……..
      trims kunjungannya…..
      salam persahabatan ya….!

  6. Setuju, pemerintah harus lebih serius dalam hal pembinaan atlet-atlet nasional supaya bisa bersaing di kancah internasional. Ya mudah-mudahan Indonesia ke depannya bisa maju deh *tetap positive thinking*

  7. uang dari rakyat selalu di selewengkan, atlit juga kurang dana, jadi banyak atlet indonesia yang latihan di luar, karena di luar bayak jaminan😦 , tapi tetep dukung indonesia

  8. Harapan kita bersama, Indonesia Menjadi pemborong emas…dan semoga pemprov Palembang dpt menjadikan momen penting ini sebagai pendongkrak ekonomi rakyat kecil and pemerintah pusat jangan nelantarin para atlet yg telah membuat prestasi buat Negara Indonesia nih…kasihan, banyak mantan atlet era doeloe yg sekarng jadi tukang becak, pengangguran bahkan utk kontrakan rumah aja kesulitan…

JANGAN LUPA KOMENTARNYA YACH......!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s