Master-Master Cantik


Dunia catur sebagaimana yang digambarkan oleh sebagian besar orang adalah dunianya  milik para lelaki. Awalnya saya juga berasumsi seperti itu tapi ternyata itu semua meleset, banyak sekarang kaum wanita yang menggeluti catur dan diantaranya bahkan mampu bersaing dengan kaum pria, sebut saja misalnya Judith Polgar. Pecatur wanita yang satu ini malah lebih ekstrim, dia hanya mau mengikuti turnamen catur yang diikuti oleh kaum pria. Luar biasa memang.

Saya tidak bisa membayangkan bila dihadapkan dengan pecatur wanita (apalagi kalau cantik), apa bisa konsentrasi penuh yach……jangan-jangan saking terkesimanya dengan wajah sang lawan yang cantik, kita melakukan kesalahan yang tidak perlu (dalam catur istilahnya “blunder”).

Dibawah ini saya akan mencoba untuk menampilkan para wanita cantik yang luar biasa diatas papan caturnya. Mengingat ini merupakan penilaian subyektif saya, jadi agan2, ses, tante dan oom boleh aja berbeda dengan saya …….hehehehe…

1. ALEXANDRA KOSTENIUK

Pecatur wanita yang satu ini bernama lengkap Alexandra Konstantinovna Kosteniuk. Pecatur hebat yang berasal dari negara Russia dilahirkan pada tanggal 23 April 1984. Pada tahun 2008-2010 Alexandra merupakan Juara Dunia Catur Wanita tapi sayang pada periode Kejuaraan Dunia Catur Wanita berikutnya  dia tidak mampu mempertahankan gelarnya. Pecatur wanita asal China Hou Yifan berhasil mengunggulinya dan sekaligus merebut gelar dari tangannya.

Alexandra Kosteniuk bisa dikatakan adalah seorang pecatur berbakat karena di usia masih belia (14 tahun) dia berhasil menyandang gelar Grand Master. Menurut data yang dikeluarkan oleh FIDE, elo ratingnya saat ini adalah 2503.

2. ANTOANETA STEFANOVA

Pecatur wanita yang cantik ini berasal dari negara Bulgaria. Pernah juga menyandang gelar Juara Dunia Catur Wanita pada tahun 2004-2006. Pecatur yang dilahirkan pada 19 April 1979 ini diusia 7 tahun sudah berhasil meraih juara catur di negaranya. Pada bulan Juni 2003 dia berhasil menyandang gelar Grand Master.

Pecatur ini pernah berkunjung ke Indonesia dan mengadakan serangkaian pertandingan dengan pecatur-pecatur top Indonesia. Tapi yang perlu digarisbawahi pada pertandingan ini, Antoaneta menghadapi para pecatur pria kita.

3. JUDITH POLGAR

Pecatur wanita yang satu ini cukup unik karena dia lebih menyukai turnamen catur yang diikuti oleh kaum adam. Tapi soal prestasi jangan ditanya, dalam data yang dikeluarkan oleh FIDE edisi September 2011 dia menduduki peringkat 47 dunia dari 100 pecatur top dunia dan dari 100 pecatur top dunia tersebut hanya dialah satu-satunya pecatur dari kaum hawa !

Pecatur berkebangsaan Hungaria yang lahir pada tanggal 23 Juli 1976 ini berhasil meraih gelar Grand Master Internasionalnya pada usia 15 tahun dengan elo ratingnya  sekarang adalah 2701.

Itulah beberapa gambaran dari para pecatur wanita yang beruntung memiliki paras rupawan, sebenarnya masih ada beberapa pecatur wanita cantik lainnya tapi penulis simpan saja dulu yach……Siapa tahu saja agan2, ses, tante dan oom bisa memberikan masukannya buat saya.

Sumber : http://en.wikipedia.org

39 thoughts on “Master-Master Cantik

  1. Menurutku dalam dunia catur tidak ada istilah wanita atau pria. Karena yang bekerja itu bukan otot. tapi otak yang briliant. Beda dengan tinju, tentunya wanita dan pria pasti banyak perbedaan nya.

    Kalau aku lawan mereka , gak sombong tak poor pion semua terus rajaku lari naik kuda 😆

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

JANGAN LUPA KOMENTARNYA YACH......!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s