Marathon Boston – Marathon yang Prestisius


Anda pernah mendengar lomba lari jarak jauh ini? Okay gan langsung aja, menurut hasil googling yang saya dapat Marathon Boston merupakan lomba lari marathon tertua di dunia, dimana lomba ini pertama kali diadakan pada tahun 1897. Kalau ngeliat tahunnya terus dihubungkan dengan negeri kita Indonesia pada waktu itu rasa-rasanya bagaikan pepatah “antara Boston dan Batavia”, maksudnya begini, disana orang-orang berlari untuk mengejar prize money sedangkan di negeri kita, orang-orang berlari sambil memanggul senapan mengusir kaum penjajah dan mungkin banyak pula yang lari untuk menghindari terjangan peluru kaum kompeni Belanda.

Begitu prestisius dan sangat bergengsi ajang Marathon Boston hingga atlet-atlet top dunia berpartisipasi didalam lomba lari ini. Sekedar informasi buat yang mau ngedaftar lomba lari ini, sayang gan udah ditutup pada tanggal 23 September kemarin. Adapun pelaksanaan dari Marathon Boston itu sendiri akan berlangsung sebulan menjelang kick-off Liga Champions atau tepatnya berlangsung pada 16 April 2012. Penyelenggaraan Marathon Boston itu sendiri pada tahun 2012 nanti menginjak  yang 106 kalinya.

Marathon Boston yang mengambil jarak tempuh 42,195 km dalam 20 tahun terakhir ini dikuasai oleh pelari-pelari dari benua Afrika. Negara Afrika yang paling sering menjadi langganan juara adalah Kenya. Ngga aneh memang kalau pelari-pelari Afrika menjuarai nomor lari jarak jauh selain karena didukung oleh geografis mereka yang “lumayan oke” dan juga motivasi mereka yang kuat. Jadi buat pelari-pelari kita (lewat anggota DPR yang mau studi banding ke Kenya atau Ethiopia…..itupun klo mau) bisa “dicoba” berlatih disana, ya selama beberapa bulan dech….berlari  ditengah gurun tandus nan gersang  dengan bertelanjang kaki (duhh…kyknya baru ngebayanginnya aja udah berat banget ya….heheheh).

Pada Marathon Boston yang terakhir (April 2011) yang lalu pelari asal Kenya Geoffrey Mutai berhasil menjadi juaranya dengan catatan waktu tercepat 2:03:02. Catatan waktunya tersebut merupakan catatan tercepat sepanjang penyelenggaraan Marathon Boston.

Sumber :

http://www.baa.org

http://en.wikipedia.org

Iklan

8 thoughts on “Marathon Boston – Marathon yang Prestisius

JANGAN LUPA KOMENTARNYA YACH......!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s