Turnamen Catur Wanita – “FIDE Grand-Prix”


Negri China memang tak pernah habis  “menciptakan” atlet-atlet top dunia. Selain karena ditunjang oleh sumber daya manusianya yang melimpah ruah (masih asyik bertengger sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia) juga ditunjang oleh pola pembinaan yang sangat berkesinambungan dari usia dini – remaja hingga dewasa. Tidak heran di ajang sekelas Olimpiade, negara Asia yang sanggup mengimbangi ataupun melewati negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris ataupun Jerman hanyalah China.

Kedigdayaan China dibanyak cabang olahraga terlihat pula pada Turnamen Catur Wanita “FIDE Grand Prix” di Shenzen China yang dilangsungkan dari tanggal 6-20 September 2011.  Dari peserta catur yang berjumlah 12 orang itu, pecatur-pecatur China berhasil mendominasi dan menempatkan Hou Yifan sebagai juaranya.

Turnamen catur wanita “FIDE Grand Prix” merupakan kalender resmi FIDE  yang berlangsung dalam 6 seri dimana juara dari rangkaian seri grand-prix ini akan menjadi penantang Juara Dunia Catur Wanita yang kini dipegang oleh pecatur wanita asal China Hou Yifan. Hou merupakan Juara Dunia Catur Wanita tahun 2010.

Berikut rangkaian seri “FIDE Grand-Prix” 2011-2012 selengkapnya :

115 Agustus 2011 di Rostov Russia  (juaranya Hou Yifan)

6 – 20 September 2011 di Shenzen China (juaranya Hou Yifan)

8 – 23 Oktober 2011 di Nalchik Russia

30 Mei – 13 Juni 2012 di Kazan Russia

16 – 30 Juli 2012 di Jermuk Armenia

16 – 30 November 2012 di Istanbul Turkey

Adapun pelaksanaan Kejuaraan Dunia Catur Wanita itu sendiri akan berlangsung pada tahun 2013 nanti  setelah rangkaian 6 seri grand-prix diatas rampung.

sumber: http://www.fide.com/

12 thoughts on “Turnamen Catur Wanita – “FIDE Grand-Prix”

  1. emang bener mbak Yunie….khan ada pepatah mengatakan, “tuntutlah ilmu sampai ke negri China”……mungkin juga krn peradabannya lebih dulu ada kali ya…..hehehe…
    thx ya….!

JANGAN LUPA KOMENTARNYA YACH......!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s