Martina Navratilova – Legenda Wimbledon


Jaman saya kecil dulu nama atlet tenis yang satu ini begitu kuat melekat didalam ingatan saya. Waktu itu sebagai penggemar berita-berita di TVRI (apalagi acara Monitor Olahraga), sering pembawa berita menyebut nama Martina Navratilova. Ya di era 80-an tennis adalah miliknya Martina Navratilova.

Martina Navratilova merupakan petenis Cekoslawakia kelahiran Praha 18 Oktober 1956. Petenis yang mengandalkan tangan kirinya sebagai pegangan raketnya memang nampak dari luar memiliki raut wajah yang keras (mungkin tipe wajah orang-orang Eropa Timur kali yach) serta guratan-guratan otot ditangannya seperti layaknya kaum pria pada umumnya. Karakter keras yang ada pada dirinya membawa pengaruh pada permainannya  didalam lapangan.

Petenis yang terlahir dengan nama Martina Subertova, pada usia 3 tahun harus berpisah dengan ayahnya karena ibunya bercerai hingga kemudian pada tahun 1962 ibunya menikah kembali dengan Miroslav Jana Navratil, yang kemudian menjadi pelatih tenis pertamanya. Martina kemudian mengambil nama ayah tirinya (dengan menambahkan kata “ova” dibelakangnya) sehingga menjadi Martina Navratilova.

Prestasi yang diraihnya di lapangan tenis sungguh fenomenal karena begitu banyak sekali gelar juara yang diraihnya. Prestasi yang diraihnya ini tidak hanya berasal dari nomor tunggal tetapi juga dari nomor ganda (putri) dan mix double (ganda campuran). Navratilova meraih gelar tunggal Grand Slam sebanyak 18 kali dan 31 kali Grand Slam di nomor ganda putri ( semuanya ini merupakan rekor sepanjang masa alias rekor yang belum terpecahkan), serta 10 gelar Grand Slam di nomor ganda campuran. Dia mampu mencapai final Wimbledon di nomor tunggal sebanyak 12 kali dimana 9 kali berturut-turut menjadi juaranya (1982-1990).

Martina Navratilova memenangkan gelar Grand Slam pertamanya di Wimbledon pada tahun 1978 dengan mengalahkan petenis Chris Evert dalam 3 set. Atas pencapaiannya ini, dia menjadi petenis rangking 1 dunia untuk pertama kalinya. Kemudian di tahun berikutnya dia berhasil mempertahankan gelar juara Wimbledonnya juga dengan mengalahkan Chris Evert di final.

Torehan fenomenal di nomor tunggal yang mempunyai koleksi 167 kali gelar juara menjadikannya rekor sepanjang masa yang belum bisa terpecahkan baik oleh kaum pria apalagi wanita. Begitu pula halnya di nomor doubles (ganda putri) koleksi gelar juaranya yang berjumlah 177 kali juga merupakan rekor sepanjang masa yang belum terpecahkan oleh petenis pria/wanita sampai hari ini.

“Capek” juga rasanya menelusuri torehan prestasi dari Martina Navratilova ini. Bagaimana halnya dengan petenis dari Indonesia? Mungkin baru  seorang Yayuk Basuki yang mampu membuat negara lain “melirik” negara tercinta kita Indonesia.

sumber: http://en.wikipedia.org/

 

7 thoughts on “Martina Navratilova – Legenda Wimbledon

  1. pantas mel ga familiar sama tante yang satu ini,, selain emang ga apdet masalah tenis, ternyata emang di era sebelum kelahiran. hahha

    saran deh mas.. kalau bisa di home-nya, tiap artikel muncul gambarnya.. jadi lebih menarik.. contohnya artikel ini nih,, baru muncul gambarnya kalau udah di klik kan?

  2. Dominasi Navratilova baru terhenti di tahun 1987 ketika munculnya Stefanie Marie Graf atau yang dikenal dengan Steffi Graf, Graf-lah yang menghentikan upaya Martina merebut lebih dari 10 x gelar juara tunggal di Wimbledon, oh ya, muat artikel tentang Steffi graf juga dong, dalam Hal Gelar juara Grandslam, Graf juga lebih banyak dari navratilova yakni 22 kali, dan Graf juga adalah Petenis nomor1 dunia Terlama sepanjang sejarah tenis dan belum dipecahkan oleh petenis Putra/putri manapun yakni selama 377 pekan ,,,

    • mantaps bung Franky……ya petenis Jerman itulah yang kemudian meruntuhkan dominasi Martina….. 😀
      trims masukannya yg sngat lengkap ini……
      trims sdh berkunjung…..salam persahabatan !

JANGAN LUPA KOMENTARNYA YACH......!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s