Christiano Ronaldo – Eusebio-nya Portugal


Real Madrid mengawali laga pembuka Liga Champions dengan start yang cukup bagus. Bertandang ke markas Dinamo Zagreb dan hanya bermain dengan 10 pemain berhasil mengambil tiga poin penting dengan kemenangan 0 – 1 atas tim tuan rumah.

Salah satu “man of the match” dalam pertandingan itu adalah Christiano Ronaldo. Pemain yang sarat talenta ini memang selalu bersinar dan menjadi bintang dimana saja dia berlabuh. Sebut saja misalnya Manchester United atau yang sekarang, Real Madrid. Ronaldo yang di plot sebagai pemain sayap dan juga penyerang ini adalah seorang goal getter. Dia banyak menciptakan gol,  baik itu dari bola hidup maupun lewat sebuah set piece bola mati.

Kepiawaiannya dalam mencetak gol mengingatkan kita kepada legenda Portugal Eusebio. Eusebio yang walaupun tanah kelahirannya berasal dari Mozambik (yang merupakan jajahan Portugis waktu itu) tapi dia memilih berkebangsaan Portugal. Pada Piala Dunia 1966 di Inggris, Eusebio menjadi Top Skorer dengan raihan 9 golnya. Tapi sayang Portugal waktu itu dihentikan oleh Inggris di semifinal dengan skor 1-2 yang akhirnya kemudian membawa Inggris menjadi juara Piala Dunia untuk pertama kalinya.

Menjadi legenda seperti Eusebio hanyalah menunggu waktu saja buat pemain yang lahir pada 5 Februari 1985 di Madeira, Portugal ini. Memiliki postur badan yang lumayan ideal (186 cm) dan ditunjang dengan skill individu yang ciamik, lawannya sangat sulit untuk menghadangnya. Satu-satunya  cara untuk menahan lajunya adalah dengan “sedikit kasar” yang tentunya ini bukanlah tindakan sportif dari seorang pemain.

Karir Ronaldo sebelumnya adalah bermain di negara asalnya. Di tahun 2001-2003 dia bermain untuk klub lokal Sporting Lisbon, disini dia tampil sebanyak 25 kali dengan menghasilkan 3 buah gol (sedikit goal memang…tapi dia banyak memberi assist), kemudian 2003-2009 klub besar Manchester United mengontraknya, dia tampil sebanyak 196 kali dengan torehan gol 84 dan akhirnya 2009 hingga kini Ronaldo berlabuh di klub besar Spanyol, Real Madrid dengan 64 kali tampil dan torehan 69 gol.

Pencapaian prestasi Christiano Ronaldo yang mengagumkan adalah pada saat dia berlabuh di klub besar Inggris, Manchester United. Ronaldo berhasil membawa MU meraih mahkota Liga Inggris sebanyak 3 kali berturut-turut, yaitu dari 2007-2009, menjuarai Liga Champions (2008) serta mahkota Kejuaraan Dunia Antar Klub FIFA (2008). Sedangkan di klub barunya Real Madrid, walaupun belum berhasil meraih gelar bergengsi namun Ronaldo berhasil menjadi top skorer La Liga denga koleksi 40 golnya pada musim 2010-2011. Gelar pertamanya di Real Madrid adalah dengan menjuarai Copa del Rey pada musim 2010-2011 dan sekaligus menjadi top skorer.

Ahh Ronaldo…..disisi kegermelapan anda…anda adalah seorang yang berhati mulia dengan mengunjungi saudara kami di Aceh pada saat terjadinya tsunami (2004). Anda telah menghibur Martunis, seorang bocah SD yang merupakan juga penggemar anda. Terima kasih Christiano Ronaldo, kegembiraan dan kebahagiaan rakyat Aceh adalah kegembiraan kami juga bangsa INDONESIA….!

sumber: id.wikipedia.org

JANGAN LUPA KOMENTARNYA YACH......!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s