Ryann Giggs – Gaek yang Fenomenal


Melihat pertandingan dinihari tadi antara Benfica versus Manchester United di stadion Estadio da Luz Portugal, saya tertarik untuk mengetahui lebih jauh dari sosok pemain yang satu ini. Walaupun hasilnya memang tidak membawa kemenangan buat MU (1 -1) namun  perolehan satu poin dikandang lawan adalah sesuatu yang berharga.

Melihat klub besar yang satu ini (baca: Manchester United) saya melihat ikon yang melekat kuat buat fans “setan merah” adalah ada pada dua sosok aktor didalamnya, yaitu Ryann Giggs dan sang pelatih Sir Alex Ferguson. Buat Ryann Giggs yang usianya bukan lagi dikatakan muda untuk ukuran pemain sepakbola adalah sesuatu yang luar biasa karena dia masih memiliki speed dan power. Ini dibuktikannya pada pertandingan tadi malam dimana dia mampu menceploskan si kulit bundar setelah melewati beberapa pemain dan diakhiri dengan tendangan keras, menghujam jala lawan tanpa sanggup di blok oleh kiper lawan.

Bernama lengkap Ryann Joseph Giggs di lahirkan di Cardiff, Wales, Inggris , pada29 November 1973. Menempati posisi gelandang di klub “seumur hidupnya” (MU). Maaf kalau saya menggunakan kata “seumur hidup” disini. Acuan saya karena begitu loyalitasnya Giggs pada MU. Giggs mulai bergabung dengan MU sejak tahun 1990 hingga sekarang. Kalau dihitung-hitung sudah 21 tahun ya berada di Old Trafford…..luar biasa!

Pemain dengan tinggi badan 179 cm ini boleh dikata adalah pemain sayap terbaik sepanjang sejarah dan Giggs merupakan pemain pertama yang tampil terbanyak membawa MU sepanjang sejarah (805 kali), dia memecahkan rekor yang dipegang oleh sang legenda MU, Sir Bobby Charlton (758 kali). Ia juga bersama MU memenangkan 12 kali gelar premier league, 4 gelar FA Cup, serta 2 gelar Liga Champions.

Koleksi satu golnya semalam juga telah menorehkan catatan tersendiri buat Ryann Giggs. Dia menjadi satu-satunya pemain yang bisa mencetak gol di 16 musim berbeda Liga Champions serta menjadi pemain tertua yang mampu mencetak gol di ajang Liga Champions. Sebagai catatan, usia Giggs saat menjebol gawang Benfica di Estadio da Luz adalah 37 tahun dan 289 hari.

Sinar terangnya di klub sayangnya tidak berimbas di level antar negara. Giggs yang asal Wales adalah salah satu legenda hidup di lapangan hijau yang belum merasakan atmosfer Piala Dunia. Sayang memang….namun Giggs tetaplah seorang legenda sepakbola dan legenda MU tentunya !

nb: diolah dari berbagai sumber

11 thoughts on “Ryann Giggs – Gaek yang Fenomenal

  1. sahabat-ku bung Irfan…..anda telah membuat saya kembali semangat dengan ilmu2 anda! Like boxnya nanti ajah dech…..belum pede….btw akun twitternya apa namanya…..nanti saya @follow…..thx ya….!

  2. Giggs salah satu favorit saya. Sejak kecil bahkan.🙂
    Meski saya Liverpudlian, saya sangat hormat pada Giggs.
    Saya jadi inget, waktu saya SD saya pernah rela berhutang pada teman saya demi buku tulis bergambar Giggs.😆

    • kontribusi Giggs mmg msh ada buat MU…..
      btw…..Liverpool swktu dilatih ama Rafael Benitez bnr2 solid dan pemain2 topnya juga masih banyak…..
      tpi sekarang sjk penjualan pemain2 bintangnya….spt mengalami “jet lag”….sangat disayangkan ya….!

JANGAN LUPA KOMENTARNYA YACH......!

