Pep Guardiola – Si Modis Sarat Prestasi


Siapa yang tak mengenal sosok pelatih yang satu ini? Masih terbilang muda (untuk ukuran seorang pelatih), selalu berpakaian modis disetiap timnya bertanding dan berpostur tubuh yang atletis (183 cm). Ya, dialah Joseph Guardiola atau yang biasa disapa oleh para wartawan sebagai Pep Guardiola.

Pep Guardiola adalah seorang Catalan (julukan buat orang-orang Catalunya), lahir 40 tahun silam atau 17 Januari 1971 di Santpedor, Catalunya, Spanyol. Sebagai seorang pelatih di klub besar semacam Barcelona,  dia sudah kenyang dengan asam garam dunia persepakbolaan. Karir kepelatihannya di Barcelona dimulai sejak Juni 2008 dimana pada saat itu dia menggantikan posisi Frank Rijkaard sebagai pelatih utama Barcelona. Perlu diketahui Pep Guardiola bukanlah datang tiba-tiba begitu saja di Barcelona, dia juga sebelumnya menangani tim Barcelona B pada tahun 2007-2008 dan yang perlu digarisbawahi pula bahwa Pep Guardiola adalah mantan pemain Barcelona selama 11 tahun, yaitu pada tahun 1990-2001 dimana dia memegang caps  263 kali bermain dengan menyumbangkan 6 gol.

Kesuksesannya sebagai seorang pelatih diawali dengan kesuksesannya sebagai seorang mantan pemain sepakbola (Barcelona). Sebagai seorang pemain Barcelona dia menempati posisi sebagai gelandang bertahan dan kontribusinya cukup besar buat Barcelona hingga pada musim 1990-1999, klubnya Barcelona mampu meraih juara La Liga 6 kali.  Empat musim diraihnya selama berturut-turut, yaitu dari 1991-1994, dan sisanya 2 kali juara pada musim 1998-1999. Pada tahun 1992 sebagai pemain Pep berhasil membawa tim Spanyol meraih juara olimpiade yang berlangsung di Barcelona pada waktu itu. Karir masuk sebagai pemain timnas Spanyol sejak 1992 – 2001 dimana dia memegang caps 47 kali bermain dengan menyumbangkan 5 gol.

Prestasinya sebagai seorang pemain kemudian berimbas pula di level kepelatihan, dimana dia berhasil membawa Barcelona menjadi juara La Liga selama tiga musim berturut-turut yaitu dari 2009-2011, kemudian berhasil membawa trofi bergengsi Liga Champions pada 2009 dan 2011 serta Piala Dunia Antar Klub pada 2009.

Jujur saja, saya sendiri bukanlah seorang penggemar Barca. Namun tak bisa dipungkiri memang Barca (Barcelona) saat ini adalah klub terbaik didunia dengan pemain-pemain yang sarat multi talenta dan Pep “beruntung” menangani Barcelona saat ini.

Adios Amigos….!!!

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Josep_Guardiola

9 thoughts on “Pep Guardiola – Si Modis Sarat Prestasi

  1. labkomputerku datang berkunjung untuk berbagi seputar informasi komputer dan internet,
    langsung cek ke TKP.Kunjungan dan komentar balik gan, sekalian tukaran link.Trims

  2. Bener sob meski saya juga bukan penggemar barca tapi saya juga tak pungkiri superioritas barca,mereka menampilkan sepak bola atraktif nan elegan

      • Maaf, saya gak terlalu maniak sekedar suka aja nonton bola, he.he . . .
        O Iya, mau laporan neh komandan. Link bensdoing sudah duduk manis di sahabaat irfan handi section B. Terima kasih telah berbagi.
        Salam persahabatan selalu.

JANGAN LUPA KOMENTARNYA YACH......!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s