Magnus Carlsen – Bocah Ajaib


Kalau anda bukanlah pemerhati catur dunia mungkin anda akan asing dengan nama pecatur yang satu ini. Magnus Carlsen, grandmaster catur asal Norwegia yang dilahirkan pada 30 November 1990 adalah seorang pecatur muda yang brilian. Berdasarkan data elo rating yang dikeluarkan oleh Federasi Catur Internasional (FIDE) edisi Juli, Magnus berhasil menduduki peringkat 1 satu dunia (padahal melihat dari usianya sekarang, dia baru berusia 20 tahun lho…!)

Pada bulan Januari 2010 dia menjadi pemain ketujuh peringkat nomor satu dunia pada daftar resmi Peringkat FIDE. Peringkat puncaknya adalah 2826, puncak tertinggi kedua dalam sejarah setelah peringkat Garry Kasparov. Pada 26 April 2004 Carlsen menjadi Grandmaster pada usia 13 tahun, 148 hari, membuatnya Grandmaster termuda ketiga dalam sejarah. Pada tanggal 1 Januari 2010, berdasarkan daftar FIDE rating yang baru diterbitkan, diusia 19 tahun, 32 hari ia menjadi pemain catur termuda dalam sejarah  yang menduduki peringkat nomor satu dunia, memecahkan rekor sebelumnya dipegang oleh Vladimir Kramnik.

Berdasarkan rating-nya, Carlsen memenuhi syarat untuk Turnamen Kandidat yang menentukan penantang untuk Juara Dunia Viswanathan Anand di Kejuaraan Dunia Catur 2012. Namun pada November 2010 dia mengumumkan dia menarik diri dari turnamen tersebut dan kemudian tempatnya digantikan oleh Alexander Grischuk.

sumber: en.wikipedia.org

Iklan

JANGAN LUPA KOMENTARNYA YACH......!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s