Thomas Mueller – Golden Boot 2010


Nama pesepakbola ini mengingatkan kita kepada bintang asal Jerman (Jerman Barat waktu itu) yaitu Gerd Mueller yang menjadi mesin gol bagi tim Jerman dalam Piala Dunia. Ingatan saya mungkin dikarenakan nama belakang dari mereka adalah sama, yaitu Mueller. Saya sendiri belum tahu apakah ada hubungannya antara Gerd Mueller dengan Thomas Mueller, yang pasti keduanya sama-sama sukses di tim nasional negaranya dalam mengikuti kejuaraan Piala Dunia.

Thomas Mueller yang memiliki tinggi badan 186 cm merupakan pemain asli binaan dari klub Bayern Muenchen. Pemain kelahiran Weilheim, Jerman pada 13 September 1989 memiliki peran di lapangan hijau sebagai pemain tengah. Selain perannya sebagai pemain tengah dia juga sering berganti posisi sebagai gelandang serang atau juga sebagai striker kedua (second striker).

Setelah beberapa tahun berada didalam tim junior Bayern Muenchen dan menunjukkan grafik yang meningkat akhirnya pelatih Bayern Muenchen (senior) waktu itu, Louis van Gaal menariknya masuk kedalam tim pada musim 2009-2010. Masuknya Mueller membuat persaingan baru antara dirinya dengan Klose, Mario Gomez dan Ivica Olic serta akhirnya membuat Luca Toni dilempar ke AS Roma. Mueller menjadi sebuah opsi penyerangan yang sangat menjanjikan di skuad Louis van Gaal, dan itu membuat Joachim Loew segera memperhitungkan dia.

Setelah terus menjadi pemain reguler Bayern, Loew memanggil Mueller di bulan November 2009 untuk pertandingan ujicoba melawan Pantai Gading. Tapi partai itu dibatalkan terkait tragedi bunuh diri kiper Robert Enke.

Mueller dikembalikan ke timnas U-21 karena saat itu Jerman sedang berjuang di babak kualifikasi Euro 2011. Baru di bulan Januari ia dilibatkan lagi dalam latihan tim senior Jerman, dan akhirnya melakoni debut internasional dalam laga persahabatan melawan Argentina di bulan Maret. Sayang pada friendly match ini Jerman kalah dari Argentina dengan skor 0-1.

Meski hanya mampu membawa Jerman meraih posisi ketiga di Piala Dunia 2010, Thomas Mueller mendapat dua gelar bergengsi, yakni Golden Boot dan pemain muda terbaik.

Dengan catatan lima gol, Mueller memang memiliki torehan gol yang sama dengan Diego Forlan (Uruguay), Wesley Sneijder (Belanda) dan David Villa (Spanyol). Namun, striker Bayern Munich ini berhak menggondol gelar Golden Boot setelah memiliki lebih banyak assist, yakni tiga.

sumber: en.wikipedia.org, detiksport, vivanews.com

JANGAN LUPA KOMENTARNYA YACH......!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s