Oliver Bierhoff – “Masternya Heading”


Sebagai fans dari timnas sepakbola Jerman saya sangat menyukai permainan mantan striker Jerman yang satu ini. Berpostur cukup menjanjikan -191cm- Oliver Bierhoff menurut saya adalah “masternya heading” dalam mencetak gol ke gawang lawan. Banyak gol-gol yang dicetaknya melalui sundulan maut kepalanya. Saya ingat betul sewaktu Bierhoff masih mengenakan kaos Udinese yang dibelanya dari musim 1995-1998, dia berhasil mencetak gol sebanyak 57 gol dari 86 kali tampil. Sebagian besar golnya adalah melalui sundulan kepala sehingga pemain jangkung ini menjadi momok yang menakutkan buat bek-bek lawan.

Oliver Bierhoff dilahirkan pada tanggal 1 Mei 1968 di kota Karlsruhe, Jerman. Dia memulai karier sepakbola profesionalnya dengan bergabung di klub Jerman, Bayern Uerdingen, lalu kemudian dia pindah ke Hamburger SV lalu terakhir di Borussia Muenchengladbach. Namun sayangnya dari ketiga klub Jerman yang ia masuki ini pretasinya belum terlihat. Baru setelah dia hijrah ke klub Italia, namanya mulai menanjak dan menjadi buah bibir dikalangan pesepakbola.

Udinese adalah klub yang membuat namanya besar hingga akhirnya klub AC Milanpun tertarik untuk merekrutnya. Permainan yang cukup menawan di kancah liga Italia membuat dirinya kemudian masuk kedalam timnas Jerman antara tahun 1996-2002.


Karier Bierhoff didalam timnas berhasil mencetak gol sebanyak 37 gol dalam 70 kali penampilannya. Pada tahun 1996, saat berlangsung final Euro antara Jerman melawan Rep.Ceko, Bierhoff masuk dalam catatan sejarah dengan mencetak “gol emas” atau istilahnya golden goal ke gawang Rep.Ceko. Jerman sendiri pada waktu itu berhasil mengalahkan Rep.Ceko dengan skor 2-1 melalui perpanjangan waktu.


Adapun turnamen sepakbola berikutnya yang Bierhoff mainkan adalah Euro 2000, serta World Cup 1998 dan 2002. Pada World Cup 2002 dia masuk dalam skuad timnas Jerman dalam menghadapi Brasil, namun sayang kontribusinya belum cukup besar untuk membawa Jerman ketangga juara. Jerman takluk sama Brazil dengan skor 0-2.

sumber: en.wikipedia.org

JANGAN LUPA KOMENTARNYA YACH......!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s