“Lightning” Bolt


Di cabang atletik banyak sekali pelari-pelari berkulit hitam (negro) yang sukses dan berjaya dengan mendapatkan medali emas. Kita sebut saja misalnya: Carl Lewis, Haile Gebrselassie, Ben Johnson atau wanitanya seperti Florence Griffith Joyner. Entah kenapa di cabang atletik orang-orang berkulit hitam ini begitu mendominasi disetiap perlombaan. Tidak hanya di nomor jarak jauh yang memang sudah menjadi milik mereka tapi nomor-nomor jarak pendekpun nampaknya juga tidak jauh dari genggamannya.


Salah satu dari mereka (orang berkulit hitam) yang sukses adalah Usain Bolt, sprinter asal negara Jamaika. Bolt yang dilahirkan pada 21 Agustus 1986 merupakan pemegang rekor dunia (WR) dan rekor olimpiade (OR) nomor lari jarak pendek 100 m dan 200 m serta di nomor 4×100 m estafet putra. Dia menciptakan rekor-rekornya yang fenomenal pada Olimpiade Beijing tahun 2008.

Pada nomor 100 m waktu tercepatnya adalah 9,69 detik kemudian di nomor 200 m 19,30 detik dan di nomor 4×100 m estafet (bersama ketiga rekannya) menciptakan waktu 37,10 detik. Ini semua menjadikannya sebagai orang pertama yang berhasil memenangkan tiga nomor perseorangan di Olimpiade sejak diciptakan oleh Carl Lewis pada tahun 1984, dan sekaligus juga menjadi orang pertama yang sukses mencetak rekor dunia di tiga nomor dalam satu olimpiade.

Puncak dari kedigdayaan Bolt terjadi pada Kejuaraan Dunia Atletik di Berlin, Jerman tahun 2009, dimana dia berhasil mempertajam rekor dunia di nomor andalannya yaitu 100 m dan 200 m. Pada nomor 100 m rekor 9,69 dipertajam menjadi 9,58 detik, 200 m rekor 19,30 menjadi 19,19 detik dan di nomor 4×100 m estafet rekor dunianya menjadi 37,31 detik.

Pemecahan rekor dunia pada 2009 itu membuat media menjuluki Bolt sebagai “”Lightning Bolt” dan mendapat penghargaan IAAF World Athlete of the Year, Track & Field Athlete of the Year, dan Laureus Sportsman of the Year.

Bagaimana aksi Bolt di Olimpiade London 2012 nanti? Kita tunggu saja yach….!

sumber: en.wikipedia.org

JANGAN LUPA KOMENTARNYA YACH......!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s