Maia Chiburdanidze – 9 Kali Juara Olimpiade Catur Dunia


Satu lagi wanita cantik yang mengggeluti olahraga catur dialah Maia Chiburdanidze, seorang wanita genius yang dilahirkan di Kutaisi, Georgia pada tanggal 17 Januari 1961. Pada waktu itu Georgia merupakan wilayah dari Republik Sosialis Soviet yang beraliran komunis sebelum akhirnya komunis runtuh oleh reformasinya Gorbachev dengan glasnost dan perestroikanya.
Seperti diketahui bahwa banyak pecatur-pecatur hebat berasal dari negara-negara Eropa timur, sebut saja misalnya : Garry Kasparov, Anatoly Karpov, Vladimir Kramnik atau pecatur wanitanya seperti Judith Polgar. Menarik memang untuk ditelaah lebih mendalam relevansi dari faham yang dianut oleh sebuah negara terhadap perkembangan olahraganya (dalam hal ini catur).
Maia Chiburdanidze yang berasal dari Georgia merupakan grandmaster wanita termuda yang meraih titel juara dunia dan dia adalah pecatur dalam sejarah yang berhasil memenangkan sembilan kali dalam ajang Olimpiade Catur. Pada saat meraih titel sebagai juara dunia, Maia masih berusia 17 tahun dan lawan yang dikalahkannya adalah grandmaster senegaranya yaitu Gaprindashvili. Chiburdanidze meraih Master Internasionalnya pada tahun 1978 kemudian enam tahun kemudian, yaitu tahun 1984 baru meraih gelar Grandmasternya.
Memulai bermain catur pada usia sekitar delapan tahun, Chiburdanidze memulai debutnya pada tahun 1974 dengan mengikuti turnamen catur di Brasov dan langsung meraih titel sebagai juara. Gaya bermainnya sangat solid tapi juga agresif dengan didasarkan pada prinsip-prinsipnya yang klasik. Solid mungkin bisa diasumsikan sebagai posisional (gaya bermain Anatoly Karpov) sedangkan agresif mungkin seperti permainannya Garry Kasparov.
Seperti halnya pecatur-pecatur wanita papan atas lainnya, Chiburdanidze tidak terlalu menyukai turnamen catur yang khusus digelar untuk wanita, dia lebih banyak mengikuti turnamen catur yang diikuti oleh para kaum lelaki dan ajaibnya di turnamen yang dikuti oleh pria itu, ia mampu menjadi juaranya. Sebut saja misalnya pada kejuaraan di New Delhi (1984), Banja Luka (1985), Belgrade (1992), Wina (1993) dan di Lippstadt (1995) dia mampu keluar sebagai juaranya.
Chiburdanidze adalah anggota kunci tim Uni Soviet yang mendominasi olimpiade perempuan dari tahun 1980 dan, ketika Georgia mencapai kemerdekaan dari Uni Soviet pada tahun 1990, dia bermain papan 1 untuk tim nasional baru Georgia yang memenangkan empat medali emas, pada tahun 1992, 1994 , 1996 dan 2008.

Sumber: en.wikipedia.org, http://www.chessgames.com

JANGAN LUPA KOMENTARNYA YACH......!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s