10 Kandidat Jawara Tour de France 2011


Tour de France, ajang balap sepeda terbesar diplanet Bumi. Grand Tour yang selalu ditunggu setiap tahunnya oleh seluruh penggemar balap sepeda didunia. Semua rider dari pro team dari segala penjuru dunia ikut andil dalam seleksi siapa yang terbaik di 21 stage menuju Paris, Prancis.

Berikut nama-nama top 10 Contender (Kandidat Peraih Yellow Tour de France 2011)

1. Alberto Contador (SaxoBank-Sungard)
Terlepas dari kasus doping Clenbuterol yang dialaminya, yang hingga saat ini belum menuai keputusan yang jelas, Climber asal pinto Madrid Spanyol tersebut siap merebut gelar ke-4nya di Tour de France 2011.
Tahun 2007 nama Contador mencuat karena berhasil meraih Yellow Jersey dari Rasmunsen (rabobank), sejak saat itu Contador seperti mendapat angin segar dan terus meraih gelar-gelar Grandtour lainnya, seperti Giro d’Italia dan Vuelta a Espana. Tahun 2009 dirinya berhasil menjadi yang terbaik ditengah isu siapa yang layak memimpin Astana saat itu, dirinya atau Lance Armstrong. Tahun 2010 merupakan tahun kontroversial bagi Contador, selain banyak orang ber-empati karena insiden rantai lepas pesaingnya, Andy Schleck, juga karena skandal doping Clenbuterol.
Saat ini Contador berada diTim yang besar dan kuat, dibawah Bjarne Riis dipastikan Contador lebih mudah meraih gelar Ke-4nya di TDF 2011. Giro d’italia sudah diraihnya, targetnya adalah meraih 2 Grand Tour dalam 1 tahun seperti yang pernah diraih Eddie Mercx.

2. Andy Schleck (Leopard Trek)
Rival sejati Contador, mantan pembalap asuhan Bjarne Riis di CSC dan Saxobank, saat ini Andy memperkuat Leopard Cycling Team (luxembourg). Tahun 2009 dan 2010 dirinya selalu menjadi no.2, tahun 2009 banyak publik berpendapat Andy terlalu memikirkan kakaknya Frank Schleck, tahun 2010 dirinya mengalami nasib sial ketika rantainya terlepas dan dirinya harus rela melepas Yellow Jersey yang sudah ditangannya. Kemampuan time trial yang dimiliki Andy juga belum mumpuni untuk menahan gempuran rider-rider Yellow Jersey Contender.
Tour de Suisse yang baru saja dilakoninya juga belum menunjukan performa terbaiknya, tapi Andy yakin dirinya tidak mudah di kalahkan tahun ini.

3. Samuel Sanchez (Euskatel-Euskadi)
Kemampuan climbernya tidak bisa dianggap remeh, tahun 2010 dirinya mati-matian bertarung merebut podium ketiga, bersaing melawan rider Rusia Denis Menchov. Tahun ini dengan didukung climber-climber Euskatel-Euskadi Sanchez tidak mau dicap sebagai pemegang Medali emas Olimpiade tapi mlempem di Grandtour.

4. Cadel Evans
Veteran Australia ini masih menyimpan ambisi untuk meraih podium tertinggi Tour de France, 2007 dirinya hanya meraih podim ke-2. Meskipun kemampuan Climbernya tidak sedasyat 3 nama diatas, tapi Evans punya pengalaman yang besar. Dirnya tahun kapan harus recover untuk melakukan serangan balik distage penentuan. BMC, disitulah dirinya saat ini bernaung, dirinya berharap banyak BMC mampu membuatnya tampil maksimal tahun ini.

5. Jurgen Van Den Broeck (Omega Pharma-Lotto)
Tahun 2010 nama rider Omega Pharma Lotto ini mencuat, dirinya mampu bertahan di posisi kelima overall. Pembalap Belgia 28 tahun tersebut dipastikan mampu bertahan di 10 besar GC tahun ini.

6. Robert Gesink (Rabobank)
Pembalap muda super jangkung ini, menjadi andalan Rabobank sepeninggal Denis Menchov (Geox). Prestasi Gesink tahun ini cukup bagus dirinya mampu menjadi jawara di Tour of Oman. Targetnya mungkin bukan Yellow Jersey tapi White Jersey dan lima besar.

7. Fränk Schleck (Leopard Trek)
Kakak kandung Andy Schleck, 2 kali berada di lima besar tdf. Kemampuannya mungkin memang tidak sebagus Andy Schleck tapi kedua merupakan tandem maut yang siap melumat siapapun yang berada didepannya terutama di lintasan tanjakan. 10 besar rasanya bukan hal yang tidak mungkin bagi Frank Schleck.

8. Chris Horner (RadioShack)
Sepeninggal Lance Armstrong pensiun, Radio Shack hampir tanpa andalan. Bahkan diawal tahuan 2011 tim USA tersebut paceklik gelar. Levi Leipheimer akhirnya mempersembahkan Tour de Suisse 2011 dan Chris Horner berjaya di Tour of California. Johan Bruynell harus memerah otak untuk mendapatkan komposisi yang tepat di tim TDFnya, Janez Brackovic menjadi sejata rahasianya di TDF kali ini, tapi Horner dan Levi tetap menjadi Prioritasnya.

9. Bradley Wiggins (SKY)
Rider Inggris mantan jawara lintasan Velodrome ini meraih sukses di TDF 2009, dirinya mampu bertengger di posisi ke-4. Saat itu dirinya berada di Garmin Slipstrem, tahun 2010 dirinya memperkuat SKY Team, prestasinya langsung melorot. Wiggins seperti kehilangan kepercayaan ini ditahun 2010. Tahun ini Wiggins mulai belajar dari kesalahannya tahun lalu, Criterium Du Dauphine 2011 menjadi modal utama Wiggins untuk bertarung di Tour de France 2011.

10. Ivan Basso (Liquigas)
Juara Giro d’Italia 2010 ini absen di Giro tahun ini, tujuannya adalah persiapan maksimal di Tour de France 2011. Memang Basso bukan climber yang eksplosive seperti Contador, Schleck, Sanchez ataupun Cadel Evans, tapi Basso terkenal sebagai rider yang sering membuat frustasi lawan-lawannya di tanjakan, Cadel Evans sudah merasakan bagaimana Basso mampu bertahan ditanjakan di Giro 2010. Sepuluh besar bukan hal mustahil bagi rider asal Italia tersebut.

sumber: http://www.zonasepeda.com/hasil-balap/10-kandidat-jawara-tour-de-france-2011.html

JANGAN LUPA KOMENTARNYA YACH......!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s