Alberto Contador – Si Raja Tanjakan


Kalau di Indonesia kita mengenal Tonton Susanto sebagai raja tanjakan di dunia balap sepeda, maka di balapan Tour de France dunia mengenal Alberto Contador. Pembalap sepeda asal negeri matador ini banyak dikenal orang sebagai spesialis tanjakan di balapan Tour de France. Bernama lengkap Alberto Contador Velasco, merupakan pembalap sepeda kelahiran Madrid, Spanyol pada tanggal 6 Desember 1982. Ia telah mengoleksi tiga gelar di Tour de France ini, yaitu pada tahun 2007, 2009 dan 2010. Pada gelaran tahun ini (yang tinggal beberapa hari lagi), Alberto mengutarakan kesiapannya dalam mempertahankan gelar juaranya.
Pembalap sepeda dengan tinggi badan 176 cm ini memulai debutnya di balapan profesional pada tahun 2003 dengan masuk di tim ONCE-Eroski. Pada tahun pertamanya sebagai seorang profesional ia memenangkan tahap kedelapan dari Tour de Pologne di nomor Individual Time Trial (ITT). Namun pada kejuaraan selanjutnya di tahun 2004 (Vuelta a Asturias), Alberto mengalami peristiwa tragis, setelah 40 km berlomba dia jatuh dan mengalami kejang-kejang. Dia telah menderita sakit kepala selama beberapa hari sebelumnya dan didiagnosis sebagai cavernoma otak, gangguan pembuluh darah bawaan, dimana ia menjalani operasi berisiko dan pemulihan untuk mendapatkan kembali semangatnya bersepeda. Sebagai hasil dari operasi, dia. memiliki bekas luka yang berjalan dari satu telinga ke telinga yang lain dari atas kepalanya.
Didalam kejuaraan lomba balap sepeda bergengsi memang baru ada tiga yang dikatakan sebagai “grand tour”nya balap sepeda. Yang pertama yaitu: Tour de France, lalu Giro d’Italia dan terakhir Tour of Spain. Dari ketiga lomba balap sepeda bergengsi ini, hebatnya Alberto Contador mampu mencicipi sebagai juaranya. (2007, 2009 dan 2010) menjuarai Tour de France, (2008 dan 2011) menjuarai Giro d’Italia, dan 2008 menjuarai Tour of Spain atau bahasa Spanyolnya dikenal sebagai Vuelta a Espana.

Sumber: en.wikipedia.org

JANGAN LUPA KOMENTARNYA YACH......!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s