Tour Sepeda Dunia Yang Bergengsi


Kita mengenal beberapa event olahraga yang bergengsi dimana pesertanya banyak diikuti oleh atlet-atlet top dunia. Kita sebut saja mungkin beberapa dari  cabang olahraga seperti: tennis, kita mengenal Grandslam Wimbledon, bulutangkis – All-England, atletik (cabang marathon) – Marathon Boston, dan yang lainnya.

Bagaimana halnya dengan perlombaan balap sepeda. Rasa-rasanya di balap sepeda kita juga akan menemukan event-event bergengsi tersebut :

Tour  de France

Siapa yang tak pernah mendengar dengan perlombaan balap sepeda yang satu ini, begitu melegenda dan sepertinya punya daya magis buat para pesepeda untuk mengikutinya. Perlombaan yang diadakan pada bulan Juli setiap tahunnya ini berlangsung selama tiga minggu di Perancis. Kalau melihat dari data sejarahnya, perlombaan ini sudah diadakan sejak tahun 1903, tapi sempat terhenti ketika terjadi Perang Dunia I dan ke II.

Tour of de France yang akan berlangsung pada bulan depan ini sudah masuk edisi yang ke 98 dan pada tahun ini akan mengambil jarak 3430 km dengan 21 tahapan etape. Mengambil start awal di Vendee (lihat peta) yang terletak di pantai barat Prancis hingga finisnya nanti di Champs-Ellysee Paris.

Pro rider yang paling banyak mengoleksi gelar juara pada lomba ini adalah pembalap asal AS, Lance Amstrong yang menjadi juara sebanyak 7 kali.

 


 

 

 

 

Giro D’Italia

Event balap sepeda bergengsi setelah Tour de France. Pelaksanaannya sebenarnya baru saja berakhir akhir bulan Mei kemarin dimana pembalap Spanyol, Alberto Contador menjadi juaranya. Ini merupakan kali kedua Contador merebut trofi bergengsi setelah sebelumnya juara pada tahun 2008.

Pelaksanaan balapan berlangsung sebulan sebelum Tour de France, yaitu pada tanggal 7 Mei dengan awal start dari Venaria Reale di kota Torino dan finis di kota Milan pada 29 Mei. Semua tahapan berlangsung dalam 21 etape.

Pengoleksi gelar terbanyak dipegang oleh Afredo Binda, Fausto Coppi dan Eddy Merckx masing-masing sebanyak 5 gelar juara.

Tour of Spain

Lomba balap sepeda yang terinspirasi dari keberhasilan Tour de France dilaksanakan pertama kali pada tahun 1935 dan semenjak tahun 1955 dilangsungkan setiap tahunnya.

Rekor kemenangan yang paling banyak dipegang oleh Tony Rominger dari Swiss yang memenangi tiga gelar juara berturut-turut pada tahun 1992, 1993 dan 1994, dan Roberto Heras dari Spanyol, pemenang pada tahun 2000, 2003 dan 2004. Heras juga memenangkan acara tahun 2005, namun didiskualifikasi karena pelanggaran doping.

Iklan

2 thoughts on “Tour Sepeda Dunia Yang Bergengsi

    • yoi gan….ngebayangin klo salah satu tempat di INA masuk dlm grand tour balap sepeda….baru tour de singkarak itupun kyknya masih baru, msh kalah jauh ama malaysia yang punya tour de langkawi…thank’s y….!

JANGAN LUPA KOMENTARNYA YACH......!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s