Judit Polgar – Si Cantik Yang Jenius


Pecatur cantik asal Budapest, Hongaria ini lahir pada tanggal 23 Juli 1976 dari seorang keluarga Yahudi. Bersama-sama dengan dua saudara perempuannya yang sama-sama juga sebagai pecatur, yaitu GM (Grandmaster) Susan dan IM (International Master) Sofia dididik sejak belia oleh ayahnya Laszlo Polgar. Pengajaran yang diberikan oleh ayahnya ini dianggap sebagai eksperimen pendidikan dalam upaya untuk membuktikan bahwa anak-anak bisa membuat prestasi luar biasa jika dilatih dalam hal-hal yang khusus (dalam hal ini adalah catur). “Jenius yang dibuat, bukan dilahirkan,”  demikianlah pendapat dari ayahnya.

Hal yang unik dari seorang Judit adalah dia sangat jarang sekali turun dalam turnamen yang khusus diadakan untuk wanita dan tidak pernah bersaing untuk kejuaran dunia wanita. Dia lebih banyak mengikuti turnamen catur yang diisi oleh banyak kaum pria. Mungkin kita masih ingat waktu diadakan dwitarung antara pecatur Indonesia Utut Adianto melawan Judith Polgar yang berkesudahan dengan angka 3-3 (alias draw).

Si cantik Polgar adalah pecatur wanita terkuat dalam sejarahnya. Ia mencapai gelar Grandmaster (GM) pada usia 15 tahun  4 bulan. Pada waktu itu ia menjadi orang termuda yang melakukannya. Dalam daftar rating FIDE bulan Mei 2011 ini ia menduduki peringkat ke 41 dengan Elo rating 2699 dan merupakan satu-satunya wanita yang masuk dalam daftar Top 100 pemain FIDE ! Judith telah memenangkan turnamen catur Hastings 1993, Madrid 1994, Leon 1996, AS Terbuka 1998, Hoogeveen 1999, Siegman 1999, Japfa 2000, dan Memorial Najdorf 2000. Bahkan dalam kejuaraan yang sangat bergengsi dia pernah mengalahkan GM Garry Kasparov, GM Anatoly Karpov, serta pecatur India GM Viswanathan Anand.

Apakah ada pengaruhnya dari kecantikan  seorang Judith Polgar sehingga banyak pecatur-pecatur pria berhasil dikalahkannya? Mari kita tanyakan saja kepada Bang Utut dan Bang Karpov…..!

Sumber : en.wikipedia.org

JANGAN LUPA KOMENTARNYA YACH......!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s