Mau Kemana Setelah Lulus SD, Anakku ?


Pengumuman kelulusan anak-anak sekolah dasar (SD) tinggal menghitung hari saja. Sebagai orangtua wajar bila menunggu hari tersebut dengan penuh harap-harap cemas. Penuh harapan agar anaknya bisa lulus dengan nilai yang baik (kalau bisa mungkin memuaskan), serta penuh kecemasan takut kalau anaknya tidak bisa lulus.

Anak yang memiliki nilai yang bagus tentunya akan dengan mudah melenggang masuk ke sekolah negeri. Sebaliknya, yang memiliki nilai yang jelek atau pas-pasan harus berjibaku dan “bersafari” ke sekolah-sekolah yang mereka (baca orangtua) anggap masuk kedalam level nilai anaknya. Bila dalam usaha pencarian ini mereka mendapati jalan yang buntu, ujung-ujungnya……maaf…mereka “terpaksa” harus merogoh kocek lebih dalam agar anaknya bisa diterima di sekolah negeri.

Bagaimana pula dengan anak yang memiliki nilai yang bagus namun terkendala dengan finansial kedua orangtuanya (alias tidak mampu), rasanya membayangkan bisa bersekolah negeri dengan atribut SBI (Sekolah Bertaraf Internasional) pun hanyalah sebatas mimpi buat mereka.

Menyinggung sekolah beratribut “SBI”, kalau menurut saya hanyalah untuk kaum “priyayi intelektual” bukan untuk “proletar cerdas”. Cerdas saja tidaklah cukup untuk masuk ke sekolah ini. Hanya orang-orang yang berkantong tebal yang dapat menyekolahkan anaknya disini.

Ohh negeriku….alangkah indahnya bila piutang dari para wajib pajak yang katanya mencapai 50 trilyun itu bisa dipakai untuk membangun sekolah-sekolah unggulan buat anak-anak berprestasi yang kurang mampu.  Jangan takut bangkrut negeriku….! Doa dari anak-anak bangsa yang kecil akan menjadi keberkahan buat negeri ini.

Buat anakku : “Nak, dimanapun kamu bersekolah, atribut apapun sekolah kamu, bersyukurlah”, karena kamu masih bisa bersekolah sementara diluar sana masih banyak anak-anak bangsa yang kurang beruntung. Semoga engkau nanti tidak hanya mendapatkan sekolah yang baik tetapi juga mendapatkan bimbingan dari guru-guru yang penuh dedikasi dan tanggungjawab terhadap anak didiknya dan juga Rabb-Nya, aamiin!

 

JANGAN LUPA KOMENTARNYA YACH......!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s