Viswanathan Anand – Orang Asia Pertama


Buat para penggila catur, nama yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi didengar. Yach dialah Viswanathan Anand pecatur kelahiran Madras, India pada tanggal 11 Desember 1969. Menjadi juara dunia catur pada 29 September 2007, setelah memenangkan lomba  kejuaraan dunia catur di Ciudad de Mexico. Anand mengakhiri turnamen ini dengan angka 9/14, tanpa kalah sekalipun.

Olahraga otak yang satu ini menurut para pecatur profesional adalah sangat mengasyikkan dan bukanlah membosankan. Ini mengingat di semua turnamen resmi catur ada pembatasan waktu dalam berfikir (jadi ga bisa lama-lama berfikirnya seperti pemain-pemain amatir). Begitulah dengan Viswanathan Anand, dengan analisis permainannya yang tajam serta daya jelajah berfikirnya yang mumpuni akhirnya berhasil memenangkan kejuaraan-kejuaraan catur bergengsi.

Viswanathan Anand adalah satu dari empat pemain dalam sejarah yang memilikiFIDE rating lebih dari 2800. Pada daftar Elo rating FIDE April 2007, Anand menduduki peringkat pertama untuk pertama kalinya. Ia adalah orang keenam yang mencapai peringkat satu sejak daftar ini dimulai pada tahun 1970, kelima orang lainnya adalah Fischer, Karpov, Kasparov, Kramnik dan Topalov.

Anand menjadi juara nasional kelas sub-junior di India dengan angkat 9/9 pada 1983 dalam usia 14 tahun. Ia menjadi orang India termuda yang meraih gelar International Master dalam usia 15. Pada usia 16 tahun, ia menjadi juara nasional. Pada 1987, ia menjadi orang India pertama yang memenangkan kejuaraan dunia catur junior. Pada 1988, dalam usia 18, ia menjadi Grandmaster pertama dari India.

Anand memenangi Chess Oscar pada 1997, 1998, 2003, dan 2004, menjadi orang non-Rusia ketiga, setelah Bent Larsen dari Denmark dan Bobby Fischer dari AS yang memenangkan penghargaan tersebut. Chess Oscar adalah penghargaan yang diberikan kepada pemain terbaik setahun menurut poll ahli catur sedunia oleh majalah catur 64.

Anda menyukai permainan catur, bermainlah….tapi jangan lupa dengan waktu!

Sumber : id.wikipedia.org

Iklan

JANGAN LUPA KOMENTARNYA YACH......!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s