Mari Bang Kita Bersepeda


Tinggal di kota besar seperti kota Jakarta rasanya sayang kalau kita tidak mempunyai sepeda. Yach, saya katakan sayang….Mengapa? dan apa alasannya? Pertama: Di Jakarta ada “Car Free Day” yaitu hari bebas berkendara, dimana pemerintah mensterilkan jalan-jalan tertentu (disini jalan protokol Sudirman-Thamrin) dari kendaraan besar sehingga para pejalan kaki dan pengguna sepeda asyik ria di jalan berolahraga dengan nyaman dan damai. Sebenarnya Car Free Day ini (kita singkat saja CFD) merupakan salah satu langkah yang jitu dalam mengurangi polusi udara di Jakarta yang sangat buruk. Kedua: di Jakarta banyak berlangsung event-event bersepeda (hampir tiap minggu), misalnya sepeda santai atau lebih dikenal dengan istilah funbike. Event funbike ini biasanya dilangsungkan berkaitan dengan program pokoknya “menciptakan udara yang bersih”. Tapi sayangnya masih banyak para pegowes sepeda disekeliling kita yang merokok sehabis mereka berfunbike ria. Padahal mereka baru saja “menciptakan” udara yang bersih tapi hanya dalam beberapa jam kemudian mereka sudah menyumbang kembali udara yang kotor akibat asap rokok, sangat disayangkan.

Event funbike  bukan tidak menimbulkan pro kontra didalam masyarakat (walaupun yang kontra sebenarnya hanya segelintir orang saja). Pernah saya iseng coba membuka twitter tentang #funbike, ternyata ada juga yang sinis dengan acara ini, mereka bilang “bagai kerumunan hewan yang digiring ke kandangnya” demi kepentingan sponsor, atau ada juga  yang mengatakan “membuat jalan menjadi semrawut akibat pasar tumpah dadakan.” Tapi…ahh….semua itu hanya membuat saya tersenyum, kalau komunitas funbike dikatakan sebagai “kerumunan hewan” bagaimana dengan “komunitas touring motor/mobil”? Apakah bukan sama saja? Mungkin intinya simpel saja, “lakum dinukum waliyadin”….olahragamu-olahragamu……olahragaku-olahragaku!

Memberikan sesuatu yang berarti buat bumi ini berarti kita menyayangi ciptaan-Nya. Sangatlah elok bila udara menjadi bersih dari virus-virus polusi. Buat para pegowes yang masih candu dengan asap rokok….marilah sedikit demi sedikit kurangi konsumsi rokoknya. Sayangi bumi ini dan sayangilah anak cucu anda….!

JANGAN LUPA KOMENTARNYA YACH......!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s