Kiper-kiper Terbaik Dunia


Berbicara masalah kiper atau bahasa bulenya goalkeeper memang selalu menarik seperti bagaimana menariknya sepakbola itu sendiri. Seorang kiper yang menempati fungsi sebagai palang pintu terakhir dari serbuan tim lawan tentunya sangat diandalkan sekali dalam meredam dan sekaligus menggagalkan lawan dalam usahanya mencetak gol.

Tugas dan tanggungjawabnya yang lumayan berat tentunya beresiko kepada apresiasi yang diterimanya dari para penggemarnya. Tak jarang memang karena menjadi pintu terakhir dari sebuah gol tercipta, kiper sering dijadikan kambing hitam atas kekalahan timnya. Mungkin sahabat sering mendengar umpatan dari para penggila bola spt ini: “dasar kipernya goblog, nangkep gitu aja ngga becus”, atau “kiper koch pake maju segala, akhirnya bola “chop” bisa masuk tuh”, atau yang seperti ini, “bola begitu ditinju, bukan ditangkap”.…itulah beberapa umpatan yang kerap diterima oleh kiper diseluruh dunia (alahh…di Indonesia kali !)

Dalam sebuah permainan seperti halnya cabang sepakbola disini memang idealnya dituntut sebuah “kesempurnaan”. Namun rasanya hal tersebut sangat mustahil bisa dicapai, paling-paling seorang pesepakbola (baca: kiper) berusaha untuk mendekati “kesempurnaan” itu lewat aksi-aksinya didepan gawangnya. Mungkin kita bisa ambil contoh misalnya “kesempurnaan” seorang kiper dalam membaca arah bola, membuat gerakan refleks dalam menghalau bola, serta memberikan umpan counter attack yang membuat lawannya kocar-kacir dan masih banyak lagi tentunya aksi-aksi yang lainnya.

Gianluigi Buffon

Iker Casillas

Nahh…berhubung dalam postingan ini menyangkut masalah kiper, disini penulis kembali mau menshare kiper-kiper terbaik dunia pilihan IFFHS dalam kurun waktu 1987-2011 (dalam seperempat abad). Siapa sajakah…inilah kiper-kiper terbaik dunia:

  1. Gianluigi Buffon (Italia)
  2. Iker Casillas (Spanyol)
  3. Edwin van der Sar (Belanda)
  4. Peter Schmeichel (Denmark)
  5. Oliver Kahn (Jerman)
  6. Peter Chech (Rep Ceko)
  7. Jose Luis Felix Chilavert (Paraguay)
  8. Walter Zenga (Italia)
  9. Andoni Zubizarreta (Spanyol)
  10. Claudio Taffarel (Brasil)

Itulah daftar kiper-kiper terbaik dunia dalam seperempat abad (1987-2011). Bagaimana dengan kiper idola anda ? Kalau idola kiper anda tidak masuk dilist diatas coba lihat disini ya, siapa tahu aja ada lho….!

Sumber: http://www.iffhs.de/

75 gagasan untuk “Kiper-kiper Terbaik Dunia

  1. dulu pas piala dunia atau apaa gitu (hehe, dhe gk paham om), semua keluarga pada ngejagoin Jerman karena punya Oliver Khan.. dan memang dia kereeenn, sekarang masih jadi kipper gk Oliver itu om??

  2. Tadinya saya kira tugas kiper itu gampang.
    Kalo nggak ada bola yang diarahkan ke gawangnya, dia kan nganggur.
    Hehe, ternyata tanggung jawabnya besar banget…begitu kebobolan, apalagi kalo sampe berkali-kali, maka berbagai umpatan pasti ditujukan sama kiper… :D

  3. Gianluca Pagliuca, Rene Higuita, Francesco Toldo, Edwin van der Sar & Peter Chech adalah Kiper-2 yang paling saya suka dengan kualitas, gaya & penampilan serta keunikan aksi-nya masing-masing :)

    Nice Share Sob, gara-2 baca Posingan ini, saya jadi buka Youtube dan menikmati moment-2 keren dari aksi beberapa para penjaga gawang terbaik dunia dari masa yang berbeda-beda :)

    Thanks Sob

  4. Sob hari ini saya baca artikel koran tentang Radja Nainggolan “Pesepak bola muda incaran klub elite dunia” :)
    Oya saya lupa menuliskan Kiper Legendaris yang paling saya suka Jose Luis Chilavert :)
    Mungkin kalo dirangking dari 6 nama kiper Favorit saya, Secara keseluruhan saya paling suka ose Luis Chilavert lalu Gianluca Pagliuca & Peter Chech.

    * Cuma sedikiiiiit tahu aja kok Sob, tidak terlalu gandrung ( wajib / terjadwal ) menonton bola TAPI kalau sedang menonton TV dan kebetulan ada pertandingan Sepak Bola ( juga Tinju ) maka acara TV lainnya harus mengalah he he he. Semasa kecil s.d SMA sempat tergila-gila bermain sepak bola dan paling merasa senang, tertantang juga deg-deg kalo diminta jadi Kiper, padahal ( dulu ) resiko jadi kiper kalo kalah suka disalahin ga’ becus jaga gawang-nya sih kata temen-temen wekekeeeek. Sampai sekarang masih ada kenang-kenangan hasil menepis bola … yaitu kedua jari telunjuk yang ga’ lagi se-Ganteng jari-jari lainnya karena sering keseleo ha ha ha :)

    BTW, komen saya lama muncul karena Aksismet False Alarm ya Sob jadi harus dikeluarin dari Spam Karantina nya Akismet ? :lol:

  5. ANGELO PERUZZI, Bud… The Best goal keeper in the world….. Number two, MICHAEL KONSEL (Austria)….. Nama lain yang masuk 5 besar terbaik adalah HANS VAN BREUKELEN, PETER SCHEIMECEL, dan WALTER ZENGA…..

JANGAN LUPA KOMENTARNYA YACH......!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s