Rene Higuita – Kiper yang Eksentrik


Kalau Anda penggila bola dan lahir antara tahun 70 – 80 an pastinya mengenal akan sosok kiper “gila” yang satu ini :mrgreen: Berpenampilan yang cenderung urakan dengan rambut hitamnya yang gondrong “berhasil” menghapus stigma bahwa seorang kiper haruslah berada tidak jauh dari tiang gawangnya. Rene Higuita adalah seorang kiper yang kadang juga berposisi sebagai libero  telah menjadi legenda bukan karena prestasinya yang spektakuler namun menjadi legenda karena aksi-aksinya yang membuat decak kagum jutaan pasang mata   penggila bola di seluruh dunia. Lewat aksi-aksinya yang sering maju kedepan (hampir separuh lapangan) kadang sering membuat detak jantung para suporternya berpacu dengan cepat .

Bernama lengkap Jose Rene Higuita Zapata lahir pada tanggal 27 Agustus 1966 di Medellin Kolombia. Seperti diketahui kota Medellin merupakan kota terbesar kedua di Kolombia sekaligus juga menjadi pusat kartel obat-obatan terlarang. Gembongnya yang cukup terkenal adalah Pablo Escobar. Namun setelah kematiannya sedikit demi sedikit kejahatan di Medellin mengalami penurunan. Kembali kepada sosok kiper eksentrik yang satu ini sebenarnya posisi untuk seorang kiper tidaklah ideal, ini mengingat postur tinggi badan dari Rene yang hanya 175 cm.  Tapi janganlah dianggap remeh karena Rene Higuita sering melakukan penyelematan-penyelematan yang gemilang. Salah satu aksinya yang fenomenal dan spektakuler adalah pada saat melakukan penyelamatan tendangan keras dari Jamie Redknapp di Stadion Wembley September 1995 diajang pertandingan persahabatan antara Inggris melawan Kolombia. Penyelamatannya ini bukan pakai tangan lho melainkan tumit kaki  Sedikit ilustrasinya, kiper melompat ke depan (seperti orang mau salto), lengkungan kaki di atas kepalanya dan dengan sepakan dari tumitnya bola itu berbalik kembali (rebound istilah basket). Tendangan inilah yang kemudian terkenal dengan sebutan tendangan kalajengking  Aksi dari Rene ini masuk dalam peringkat ke-94 dari 100 momen-momen terbaik didunia olahraga pada tahun 2002

Rene Higuita masuk tim nasional Kolombia pada tahun 1987 hingga 1999, dimana dalam 68 penampilannya dia mampu mencetak gol sebanyak 8 kali. Salah satu kelebihannya memang dia piawai dalam mengeksekusi bola-bola mati dan tendangan 12 pas. Namun sekali aksi bodohnya dia lakukan pada perdelapan final Piala Dunia 1990 saat Kolombia melawan Kamerun. Berada hampir digaris tengah lapangan, gocekannya berhasil direbut oleh Roger Milla yang kemudian dengan mudahnya meninggalkan Rene dibelakang untuk kemudian menceploskan si kulit bundar di gawang Kolombia. Akibatnya Kolombia harus angkat kaki dan merelakan jatah perempat-final buat lawannya Kamerun. Tragis memang

Sumber : http://en.wikipedia.org/

About these ads

36 thoughts on “Rene Higuita – Kiper yang Eksentrik

  1. Buset, unik banget nih kiper. Jarang” ada kiper yang nyetak sampe 8 gol, bisa jadi libero lagi. Yang paling keren emang aksi tendangan kalajengkingnya itu. Kalo gue yang ngelakuin, bisa” besoknya langsung di opname di rumah tukang urut. Hahahaha…

  2. Betul, Gan. Roger Milla adalah striker yang saat itu sudah berusia 38 tahun, tapi menjadi satu-satunya pemain yang mampu merusak reputasi hebat Higuita. Dan akhirnya Milla bermain di Liga Indonesia (kalo ngga salah di Pelita Jaya) sebelum akhirnya ditawari job sebagai staf di PSG.

  3. waw hebatnya bisa menyelamatkan bola memakai tumit kaki, tapi sayang sob, pada era 70-80an aku belum lahir, jadinya belum tau dengan kiper yang satu ini….

JANGAN LUPA KOMENTARNYA YACH......!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s