India tidak Ikut Piala Dunia gara-gara Sepatu


Saat Piala Dunia 1950 di Brazil, India mendapat kesempatan tampil sebagai wakil Asia. Tapi, jangan heran, mereka tidak mengambil peluang emas ini. Alasannya konyol, karena pemain-pemain India menolak bermain memakai sepatu. Wew?!

Kualifikasi Piala dunia 1950
Di kualifikasi zona Asia, India bersama 3 negara lainnya (Burma, Philipina, dan INDONESIA -negeri kita) harus memperebutkan satu tiket ke Piala Dunia 1950. Sayangnya, tiga negara tersebut mengundurkan diri karena alasan situasi politik ekonomi. Jadilah India mendapat jatah tiket otomatis.

Gara-gara sepatu
India sebetulnya sudah ditempatkan di grup 3 bersama Swedia, Italia, dan Paraguay. Namun mereka tidak jadi ikut karena dilarang FIFA memainkan bola sambil bertelanjang kaki.

Pemain-pemain India memang terbiasa menggunakan kaki telanjang alias nyeker saat bermain sepakbola, dan hal ini bukanlah hal yang aneh pada masa itu. Namun di Piala Dunia 1950, FIFA mewajibkan seluruh tim untuk memakai sepatu. Pemain-pemain India menolak memakai sepatu dan mereka pun gagal berkesempatan menjadi wakil Asia di ajang Piala Dunia.

Padahal pada era 1950-60, sepakbola India sedang berjaya. Timnas sepakbola India, tanpa sepatu, mampu lolos ke Olimpiade 1948 dan 1952. Di Olimpiade 1956, kali ini sudah bersepatu, mereka sukses menembus babak semifinal. Bahkan di tahun 1964, India adalah runner-up Piala Asia.

Sekarang mereka mungkin menyesal karena hingga saat ini India belum pernah tampil di Piala Dunia. Seandainya saja pada tahun 1950 mereka mau pakai sepatu.

Cerita versi lain
Namun harus diceritakan juga versi lain (yang tidak aneh) tentang kisah India di Piala Dunia 1950. Ada yang menyatakan ketidakikutsertaan mereka murni karena alasan krisis ekonomi. Ada pula yang mengatakan bahwa pemain-pemain India merasa keberatan melakukan perjalanan lintas samudra ke Brazil. Sementara alasan resmi dari federasi sepakbola india, mereka belum sempat berlatih dan belum menseleksi pemain yang siap untuk tampil.

Sailen Manna, mantan kapten timnas India, pernah mengatakan alasannya sendiri, “Kami tidak pernah diberitahu bahwa Piala Dunia adalah turnamen penting. Bagi kami pada saat itu, Olimpiade adalah segalanya. Tidak ada turnamen lain yang lebih besar”.

Dikutip:  http://www.sepaxbola.info

About these ads

32 thoughts on “India tidak Ikut Piala Dunia gara-gara Sepatu

  1. Mungkin kalau mereka tidak pakai sepatu, ada kemungkinan mereka juara dunia….

    Contoh saja para pelari dari Afrika, pakai sepatu memang berlari lebih kencang, tapi tanpa sepatu mereka bisa berlari 2 jam tanpa henti dengan kecepatan maksimum :lol:

  2. Sebuah kisah yang menarik, tapi apa memang sampai separah itu ya di India ngga punya sepatu? Jadi mesti nyeker main bolanya. Perasaan di Brazil pemain bola nya memiliki latar belakang yang sama juga, main bola di pasir sambil bertelanjang kaki. Atau mungkin perlu dukungan dari Indonesia kali ya agar sepatu made in cibaduyut bisa digunakan disana, hehehe… Trims

JANGAN LUPA KOMENTARNYA YACH......!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s